Lihat ke Halaman Asli

Ingin Memulai Bisnis? Ikuti Langkah-Langkah Praktis Ini agar Bisnis Kamu Sukses

Diperbarui: 27 Mei 2023   18:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lazada Amiralab

Memulai bisnis bisa menjadi langkah yang menarik dan juga menantang dalam waktu yang bersamaan. Dengan persiapan yang matang, tepat, serta membekali diri dengan pengetahuan dan juga strategi, membuat siapapun dapat meraih kesuksesan dalam dunia kewirausahaan.  

Dalam Webinar Entrepreneur in Theatres yang diadakan oleh Laboratorium Kewirausahaan FE UNJ, Muhammad Agun selaku narasumber dan juga seorang Manager R&D dan Produksi di PT. Heksatamaprima memberikan tips serta langkah-langkah praktis untuk memulai bisnis yang sukses.

Dengan adanya tips ini, diharapkan bisa memudahkan kalian yang ingin membangun bisnis namun masih ragu. Berikut adalah langkah-langkah praktisnya:

1. Identifikasi Peluang Bisnis yang Potensial

Sebelum memulai bisnis, penting untuk melakukan riset pasar dan mengidentifikasi peluang yang potensial. Tinjau tren pasar terkini, cari tahu apa yang dibutuhkan oleh konsumen, dan pertimbangkan keunikan atau keunggulan yang dapat ditawarkan. Dengan pemahaman ini, kita dapat mengarahkan upaya pemasaran dan penjualan produk untuk memenuhi kebutuhan pasar yang sebenarnya.

2. Maksimalkan Kualitas Produk

Kualitas produk secara langsung mempengaruhi kepuasan pelangga. Pelanggan cenderung mencari produk berkualitas tinggi yang memenuhi harapan mereka. Jika produk yang dijual memiliki kualitas yang rendah, pelanggan akan kecewa dan mungkin tidak akan kembali membeli atau merekomendasikan produk kita kepada orang lain.

3. Utamakan Legalitas 

Bisnis yang beroperasi secara legal dan mematuhi peraturan hukum cenderung lebih dipercaya oleh pelanggan, mitra bisnis, dan pihak berkepentingan lainnya. Kepercayaan ini penting dalam membangun hubungan jangka panjang dan menjaga reputasi bisnis.

4. Konsisten Menjalankan Bisnis

Selain konsistensi dalam membangun identitas dan merek bisnis, kita juga perlu konsisten dalam pesan pemasaran, desain logo, tampilan visual, dan nilai-nilai yang akan disampaikan. Hal ini bisa menjadi pembeda antara bisnis kita dengan yang lain. Adanya konsistensi juga dapat menciptakan citra baik dan lebih mudah diingat oleh pelanggan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline