Lihat ke Halaman Asli

Revina Azzahra

Universitas Negeri Malang

Peningkatan Mutu Pendidikan di SMPN 6 Lawang Satu Atap Malang

Diperbarui: 17 Desember 2024   19:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Malang, 16 Desember 2024-SMP Negeri 6 Lawang Satu Atap menghadapi tantangan serius terkait kekurangan tenaga pengajar, yang berimbas pada beban kerja guru yang tinggi. Dalam kondisi ini, seorang guru sering kali harus mengajar berbagai mata pelajaran dalam satu hari, seperti Matematika dan IPA. Akibatnya, siswa kesulitan memahami materi yang diajarkan, dan kualitas pembelajaran pun terpengaruh. Meskipun sekolah telah mengajukan permohonan untuk penambahan jumlah guru, hingga saat ini belum ada solusi yang diimplementasikan.

Di samping masalah tenaga pengajar, SMP Negeri 6 Lawang Satu Atap juga mengalami keterbatasan dalam fasilitas pendukung pembelajaran, termasuk akses internet dan laboratorium. Meskipun memiliki pasokan listrik yang memadai dan ruang kelas serta perpustakaan yang dalam kondisi baik, minimnya laboratorium untuk mata pelajaran IPA, bahasa, komputer, dan IPS menjadi kendala utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk mengatasi keterbatasan ini, dukungan dari pemerintah, masyarakat, dan seluruh civitas akademika sangat diperlukan.

Pengabdian Masyarakat Mahasiswa : Meningkatkan Pendidikan di SMPN 6 Lawang Satu Atap

Program pengabdian masyarakat mahasiswa di SMPN 6 Lawang Satu Atap memiliki visi jangka panjang yang ambisius. Diharapkan program ini dapat menjadi katalisator dalam transformasi pendidikan di sekolah tersebut. Tidak hanya sekadar meningkatkan prestasi akademik, program ini juga bertujuan untuk menumbuhkan budaya belajar yang positif di kalangan siswa. Program pengabdian masyarakat di SMPN 6 Lawang Satu Atap telah berhasil mencetak lulusan yang tidak hanya cerdas, tetapi juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Keberhasilan ini membuktikan bahwa dengan pendekatan yang tepat, kita dapat menciptakan generasi muda yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki kontribusi positif bagi masyarakat. Lebih jauh lagi, program ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain, sehingga tercipta efek domino dalam peningkatan mutu pendidikan di wilayah yang lebih luas.

Program pengabdian masyarakat yang melibatkan mahasiswa tidak hanya memberikan dampak positif bagi sekolah dan siswa, tetapi juga memiliki implikasi yang lebih luas bagi masyarakat. Program pengabdian masyarakat memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri secara holistik. Melalui program ini, mahasiswa tidak hanya memperoleh pengetahuan akademik, tetapi juga dilatih untuk memiliki jiwa sosial yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kemampuan untuk bekerja sama dalam tim. Pengalaman yang diperoleh selama program ini akan menjadi bekal yang berharga bagi mereka dalam menghadapi tantangan di masa depan, baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional. Selain itu, program ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkontribusi langsung dalam upaya pembangunan masyarakat. Dengan demikian, program ini tidak hanya sekadar kegiatan sosial, tetapi juga merupakan investasi jangka panjang untuk membangun generasi muda yang berkualitas dan peduli terhadap sesama.

Pembuatan Media Belajar

Pembelajaran yang efektif tidak hanya bergantung pada penyampaian materi yang jelas, tetapi juga pada bagaimana materi tersebut disampaikan. Dengan menggabungkan unsur permainan ke dalam bahan ajar, pembelajaran dapat menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa. Permainan bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga merupakan alat pembelajaran yang efektif. Permainan yang dirancang harus relevan dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari, serta disesuaikan dengan tingkat perkembangan kognitif siswa. Selain itu, permainan juga harus memperhatikan keberagaman siswa, baik dari segi gender, latar belakang sosial, maupun kemampuan belajar. Dengan demikian, semua siswa dapat merasa terlibat dan tertantang untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran.

Pemberian Asesmen Kepada Siswa Kelas IX untuk Menentukan Sekolah Lanjutan

Asesmen yang dilakukan di SMPN 6 Lawang Satu Atap merupakan bagian penting dari proses bimbingan dan konseling siswa. Tujuan utama asesmen ini adalah untuk membantu siswa kelas IX dalam mengidentifikasi minat, bakat, dan potensi yang mereka miliki, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat tentang pilihan sekolah lanjutan. Dengan demikian, siswa dapat memilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, sehingga mereka dapat belajar dengan lebih efektif dan meraih prestasi yang lebih baik. Proses asesmen ini melibatkan berbagai komponen penting yang dirancang untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang kemampuan dan karakteristik siswa.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Penerapan Media Pembelajaran Interaktif

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline