Guru Sekolah Dasar (SD) juga menjadi sasaran kegiatan pelatihan BK mengingat tidak semua guru kelas memiliki latar belakang pendidikan atau pelatihan khusus bidang BK. Bimtek BK untuk guru SD dilaksanakan setidaknya untuk meningkatkan pemahaman guru SD tentang layanan bimbingan konseling. Bimtek digelar untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan guru SD untuk mewujudkan lingkungan yang aman dan nyaman melalui upaya pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan. Setelah mengikuti bimtek, guru SD juga diharapkan memiliki inisiatif dan kepedulian dalam mencegah dan menangani kekerasan di sekolah
serta aktif melibatkan orangtua dan masyarakat. Sekolah diharapkan akan mengembangkan sistem pencegahan dan intervensi dini kekerasan.
Guru bimbingan dan konseling atau konselor dan guru kelas/mata pelajaran memiliki peran penting untuk memberikan rangsangan yang tepat sehingga sel-sel otak berkembang dan berfungsi secara optimal untuk mendukung kematangan semua aspek perkembangan. Sebagai guru BK di sekolah, guru kelas harus mempertimbangkan berbagai layanan yang akan diberikan. Namun, jelas bahwa guru kelas tidak dapat melakukannya secara mandiri karena banyaknya tugas yang harus diselesaikan oleh guru dan seringkali pendidik tidak memiliki kualifikasi BK. Pada akhirnya, bimbingan konseling yang diberikan akan kurang berdampak dan mengubah peserta didik.
Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan pentingnya bimbingan konseling si sekolah dasar, karena dukungan teori yang sudah ada, masalah umum yang dihadapi, dan berbagai kondisi bimbingan konseling di sekolah dasar. Akibatnya, tujuan dari penelitian untuk mengetahui masalah perkembangan siswa yang terjadi di lapangan, serta penggunaaan guru BK di kelas. berharap dapat memberikan secara khusus kepada guru yang ahli dalam bidang mereka, sehingga konseling dapat fokus sepenuhnya pada pemenuhan pertumbuhan peserta didik. "Sefhia Nabila Sabrina, et al (2024)"
Jenis Layanan yang di berikan guru kepada siswa, stigma negatif mengenai guru Bimbingan Konseling, jenis masalah siswa, tantangan dalam pelaksanaan Bimbingan Konseling di kelas, dan Solusi meningkatkan efektivitas Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar.
Jenis Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar
Layanan Mediasi
Konseling dan bimbingan yang diberikan oleh seorang konselor, juga dikenal sebagai guru pembimbing, kepada dua atau lebih individu yang tidak setuju satu sama lain dikenal sebagai mediasi.
Layanan Pembelajaran
Bimbingan dan konseling yang dikenal sebagai pembelajaran atau penguasaan kontenmemungkinkan siswa mengembangkan sika dan kebiasaan belajar yang baik, memilihmateri pendidikan yang sesuai dengan kecepatan dan kesulitan belajar mereka, serta berbagai aspek tujuan dan kegiatan belajar lainnya. Namun, Anak-anak yang mengalami kesulitan belajar mendapatkan bantuan melalui konseling guru BK.
Layanan Informasi
Layanan ini memberikan bantuan kepada siswamenemukan dan memahami informasi diri, sosial, sekolah, karir, dan pendidikan tinggi, sehingga membantu mereka menemukan dan mengarahkan tujuan hidup mereka.