Lihat ke Halaman Asli

Revi Alvira

Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Pengembangan Pembelajaran Sekolah Islam Terpadu: Dimensi, Fokus, dan Karakteristik Pengembangan Pembelajaran

Diperbarui: 12 November 2024   08:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Oleh Revi Alvira Nurmalasari/ Mahasiswa MPI/S1 Sekolah Islam Terpadu/ UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sekolah Islam Terpadu didalamnya terdapat pengembangan pembelajaran. Pengembangan pembelajaran tersebut diantaranya memiliki dimensi-dimensi pengembangan pembelajaran. Yang memiliki fokus perhatian pembelajaran terpadu. Tentunya memiliki karakteristik pengembangan pembelajaran terpadu. Berikut beberapa poin yang membahas dimensi, fokus dan karakteristik pembelajaran :

Pertama : Dimensi- dimensi Pengembangan Pembelajaran. Istilah pengembangan pembelajaran mecakup dimensi yang sangat luas, yakni terdapat 9 dimensi. Diantaranya signifikasi, fasibilitas, relevansi, kepastian, ketelitian, adaptabilitas, waktu, monitoring dan isi pembelajaran.

Kedua : Fokus Perhatian Pengembangan Pembelajaran Terpadu. Pembelajaran terpadu menekankan pada proses yang dilalui siswa untuk memahami isi materi dengan lebih mendalam. Pendekatan ini menggabungkan berbagai disiplin ilmu, sehingga siswa dapat melihat hubungan antara mata pelajaran dan dunia nyata yang relevan dengan kehidupan mereka, sesuai dengan kemampuan dan tahap perkembangan mereka. Metode ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan siswa secara bersamaan, dengan cara menghubungkan berbagai konsep dari beragam pelajaran agar siswa dapat belajar dengan lebih efektif.

Ketiga  : Karakterstik Pengebangan Pembelajaran Terpadu. Dalam pembelajaran terpadu ada beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan. Seperti pembelajaran berpusat pada siswa (student centered), pembelajaran terpadu memberikan pengalaman langsung kepada siswa (direct experiences), menyajikan beberapa konsep dari berbagai mata pelajaran dalam suatu proses pembelajaran, pembelajaran bersifat luwes (fleksibel), dan hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa.

Pengembangan pembelajaran di Sekolah Islam Terpadu mencakup pendekatan terpadu yang memperhatikan berbagai dimensi penting, seperti relevansi dan fleksibilitas. Fokusnya adalah memberikan pemahaman mendalam melalui integrasi mata pelajaran yang mencerminkan dunia nyata. Karakteristik pembelajaran ini meliputi pendekatan berpusat pada siswa, pengalaman langsung, dan hasil yang dapat berkembang sesuai minat mereka, sehingga mendukung pembelajaran yang efektif dan menyeluruh.

Tulisan ini disajikan dari Modul Ajar Sekolah Islam Terpadu Part 6. Prof. A. Rusdiana, M.M. (https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100464)

Revi Alira Nurmalasari ; Lahir di Sumedang, tanggal 07 Maret 2004. Alamat tempat tinggal di Nanjungjaya, RT. 02 RW 07 Desa Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat Indonesia. Tlp/HP 081573183854. E-mail : revialviraa@gmail.com

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline