Pada tanggal 30 Oktober 2014, Caraka Festival membuka pendaftaran karya bagi mahasiswa-mahasiswa kreatif Indonesia. Di tahun keenam ini, Caraka memilik enam kategori kompetisi yaitu, Print Ad, Radio Ad, TV Commercial, Integrated Campaign, Digital Activation dan Unconventional Media. Unconventional Media adalah kategori baru yang merupakan pengembangan media alternatif diluar TV Commercial, Print Ad, Radio Ad, dan Digital Activation sebagai cara baru menyampaikan pesan ke target audiens. Pendaftaran karya akan ditutup pada tanggal 17 November 2014.
Kompetisi Carakafest 2014 memiliki empat klien nyata dengan brief untuk kategori yang berbeda-beda, diantaranya Suara Merdeka untuk kategori TV Commercial, Print Ad, dan Radio Ad. HKI (Hak Kekayaan Intelektual) untuk kategori Integrated Campaign, dan Unconventional Media. Datsun untuk kategori Integrated Campaign, Digital Activation, dan Unconventional Media. Bloomberg TV Indonesia untuk kategori TV Commercial dan Print Ad.
Setelah Pendaftaran berakhir, karya peserta akan diseleksi oleh para juri profesional yang ahli di bidangnya. Juri-juri tersebut adalah Lucy Novita (Creative Director Hakuhodo Indonesia), Gloria Martie (Freelance Filmmaker), Vito Winarko (Creative Group Head Grey Worldwide Indonesia), Joseph Indra Dean (Creative Director XM Gravity), dan Vida Nugroho (Associate Creative Director DDB Indonesia). Untuk mengetahui info tentang brief, cara mendaftar, syarat dan ketentuan dapat diakses melalui www.carakafest.org.
Para finalis terpilih akan diundang ke Semarang untuk mengikuti camp finalist dan seminar yang akan dilaksanakan pada tanggal 18-20 Desember 2014, semua kegiatan berpusat di Hotel Patra Jasa Semarang. Terdapat juga workshop umum yang bisa diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa selain finalis Caraka. Di samping itu, akan digelar juga Caraka Exhibition yang berisi pameran komunitas kreatif, di tahun ini bersamaan dengan diselenggarakannya festival komunitas yang akan mengundang seluruh insan-insan kreatif Semarang dan sekitarnya untuk berkolaborasi dalam sebuah exhibition dan forum kreatif. Pada penghujung acara yaitu awarding night dimana akan diumumkan siapa yang mendapatkan award dan juga gelar Caraka of the Year tanggal 20 Desember 2014. Acara ini gratis dan dibuka untuk umum.
So, update terus informasi Caraka melalui twitter @carakafest, dan jangan lupa like facebook page Caraka Festival Kreatif.
Tiagita Reva Y - Public Relations Manager carakafest 2014
tiagitareva@gmail.com
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H