Lihat ke Halaman Asli

Revalina FatmaAzhara

Saya mahasiswa aktif HI UMY

Mahasiswa yang Memberdayakan Sosial?

Diperbarui: 5 Desember 2023   18:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Fismo Club UMY atau FISIPOL Society Empowerment Club adalah Organisasi yang fokus kepada pemberdayaan di bidang Sosial, Masyarakat, Lingkungan dan Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Fismo Club memiliki berbagai divisi seperti divisi BPH (Badan Pengurus Harian), Organisasi dan Keanggotaan, Media dan Informasi, Jaringan dan Sinegritas, Sosial Masyarakat, Pendidikan dan Pengajaran, dan yang terakhir Lingkungan Hidup. Pada masing-masing divisi juga memiliki tujuan tujuan yang akan menciptakan keharmonisan dalam bersosial dan menjaga lingkungan. Hal tersebut yang membuat Fismo Club berbeda dengan organisasi lainnya, yang dimana tidak semua organisasi memiliki tujuan untuk memberi dampak positif ke masyarakat luas. Fismo Club memiliki trik yang menarik untuk tetap memberi kesempatan bagi teman teman FISIPOL yang tidak terlibat dalam keanggotaan organisasi ini untuk tetap bisa mengikuti kegiatan sosial yang diselenggarakan dengan cara membuka volunteer untuk beberapa kegiatan.

Misalnya, pada beberapa kegiatan sosial seperti ‘Fismo Mengajar’ organisasi ini membuka volunteer untuk teman teman FISIPOL yang ingin ikut membersamai kegiatan mengajar dan membimbing di suatu sekolah. Selain kegiatan ‘Fismo Mengajar’ ada juga kegiatan yang membuka volunteer yaitu kegiatan ‘Trash Challenge’ kegiatan ini menyangkut dengan alam, dimana nantinya akan membersihkan sampah di pantai lalu ditutup dengan pelepasan tukik atau penyu.

Selain itu, Fismo Club juga mengajak para pengikut di media sosial untuk menyadari dan menyikapi terhadap pemberdayaan. Jadi target pasarnya Fismo Club bukan hanya mahasiswa yang peduli dengan pemberdayaan Sosial, Masyarakat, Lingkungan dan Pendidikan saja. Namun target Fismo Club adalah seluruh lapisan masyarakat karena pemberdayaan relevan bagi seluruh zaman.

Sejak awal berdirinya Fismo Club pada 2015 hingga saat ini terpantau memiliki konsistensi yang stabil dalam membawa program kerjanya yang memfokuskan terhadap pemberdayaan Sosial, Masyarakat, Lingkungan dan Pendidikan. Terhitung sejak awal Fismo Club didirikan sudah ada 10 kali berlangsungnya kegiatan ‘Fismo Mengajar’. Selain itu, kegiatan ‘Trash Challenge’ juga telah dilaksanakan 5 kali. Dalam kegiatan kegiatan tersebut Fismo Club juga berhasil mengajak ratusan orang volunteer yang tertarik dalam kegiatan tersebut selama tahun ke tahun.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline