Lihat ke Halaman Asli

Program Studi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ Gelar Workshop Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik di Yayasan Ashriyyah

Diperbarui: 5 Juli 2024   09:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Sambutan Prof. Robinson Situmorang, M.Pd./dok. pri

Bogor, 27 Juni 2024 - Program Studi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada  Masyarakat (PKM) bertema "Workshop Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik".  Acara ini diselenggarakan di Yayasan Al Ashriyyah Islamic Boarding School, Desa Waru Jaya, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Workshop ini merupakan bagian dari program Pengabdian Masyarakat Wilayah Binaan Pascasarjana UNJ 2024, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah binaan. Peserta workshop ini adalah para, SMP dan SMA dari Yayasan tersebut.

Dari pihak UNJ hadir Koordinator Program Studi, Prof. Dr. Robinson Situmorang, M.Pd,  para dosen  dan para mahasiswa Program Studi Doktor Teknologi Pendidikan. Acara dimulai dengan pembukaan oleh Master of Ceremony (MC) diikuti dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Setelah itu, doa pembukaan dipimpin oleh Bapak Mulyanto yang memberikan suasana khidmat bagi seluruh peserta. Selanjutnya, Prof. Dr. Robinson Situmorang, M.Pd, selaku Koordinator Program Studi memberikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya pengembangan lembar kerja peserta didik dalam menunjang proses pembelajaran yang efektif.

Gambar 2. Pemaparan Materi oleh Ibu Teti Novianti, S.Pd., M.Si./dok. pri

Acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama untuk mengabadikan momen berharga ini. Kemudian, sesi utama workshop dimulai dengan materi yang disampaikan oleh Ibu Teti Novianti, S.Pd., M.Si dan beberapa mahasiswa lainnya.

Gambar 3. Foto Bersama Peserta Workshop/dok. pri

Workshop ini menyoroti pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai bentuk implementasi Kurikulum Merdeka. LKPD adalah alat atau instrumen yang dirancang khusus untuk memberikan struktur, arahan, dan tugas kepada peserta didik dalam rangka mendukung pencapaian tujuan belajar. Menurut Prastowo (2014), LKPD memiliki empat fungsi utama, yaitu:

  1. Sebagai bahan ajar yang bisa meminimalkan peran pendidik namun lebih mengaktifkan peran peserta didik.
  2. Sebagai bahan ajar yang mempermudah peserta didik untuk memahami materi yang diberikan.
  3. Sebagai bahan ajar yang ringkas dan kaya tugas untuk berlatih.
  4. Memudahkan pelaksanaan pengajaran kepada peserta didik.

Selain itu, LKPD juga bermanfaat dalam mengaktifkan peserta didik, membantu mereka menemukan dan mengembangkan konsep, serta menyajikan materi pelajaran yang menekankan keaktifan dan motivasi. LKPD yang dirancang secara menarik dapat meningkatkan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga tujuan belajar dapat dicapai secara maksimal.

Pada akhir kegiatan, dilakukan sesi tanya jawab. Pada sesi ini, peserta diberikan kesempatan untuk mengklasifikasi materi yang sudah dipaparkan untuk pemahaman yang lebih komprehensif. Acara ditutup dengan pemberian  penghargaan kepada peserta yang telah berpartisipasi aktif.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini mendapatkan berbagai tanggapan positif dari peserta. Ibu Vidlan Nurulia Darmi, guru SMA, mengungkapkan, "Saya mendapat pengetahuan mengenai LKPD sehingga bisa saya terapkan di pelajaran selanjutnya." Ibu Siti Naziyah Hasanah, guru SMA, menambahkan, "MasyaAllah Tabarakallah Alhamdulillah. Jazakumullah khoiron katsir atas ilmunya. InsyaAllah sangat bermanfaat." Hal serupa disampaikan oleh Bapak Julkipli, guru SMP, yang mengungkapkan, "Alhamdulillah PKM hari ini bisa mendapat pengetahuan yang baru." Ibu Siti Mastikah dari unit kerja SMA merasa sangat terbantu dengan materi yang diberikan dan mengungkapkan, "Alhamdulillah sangat bermanfaat buat kami, terkhusus saya."

Beberapa peserta memberikan saran yang konstruktif untuk pengembangan kegiatan di masa mendatang. Ibu Nur Fadly dari unit kerja SMA mengusulkan, "Penyampaian materi cukup jelas, namun ada beberapa materi yang diberikan memerlukan waktu lebih lama." Bapak Tatang dari unit kerja SMP mengungkapkan, "Kami berharap kami bisa mengajarkan materi mengaji di sekolah kami yang disaksikan oleh Ust. Pengajar SMP Al Ashriyyah Nurul Iman."

Selain itu, ada juga harapan agar kegiatan ini bisa berkelanjutan dan memberikan lebih banyak manfaat di masa depan. Bapak Agus Rumim dari unit kerja SMP berharap, "Kegiatan ini bisa berkelanjutan." Ibu Resni Martina, guru SMP berharap, "Semoga ada lagi pertemuan/pelatihan selanjutnya, jangan jadi pertemuan pertama dan terakhir." Marlina dari SMP mengungkapkan, "Alhamdulillah sangat menginspirasi kami sebagai pendidik dan berharap kegiatan serupa terus diadakan dengan tema-tema yang bervariasi."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline