Lihat ke Halaman Asli

Retno Setyorini

Dosen Universitas Telkom

Katalog Produk Digital: Alat Promosi yang Efektif

Diperbarui: 5 Juli 2023   13:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumen PribadiInput sumber gambar

Katalog adalah salah satu bagian yang penting dalam pemasaran produk dan layanan bisnis apapun. Katalog membantu untuk memamerkan semua produk dan layanan yang ditawarkan sambil membiarkan konsumen mengakses katalog yang dirancang dengan sebaik mungkin dan yang disesuaikan dengan profil konsumen yang ditargetkan.

Selama beberapa dekade terakhir bahwa para pengecer sudah semakin beralih ke internet untuk mempromosikan dan menjual produk dan layanan mereka, serta di lain pihak bahwa internet sudah mempermudah untuk pengunggahan gambar produk, deskripsi, kata kunci dengan lebih cepat, membuat konsumen cepat mengakses dan tertarik pada penawaran tersebut.

Katalog berbasis kertas semakin tidak digunakan karena para konsumen sudah berada di dunia internet, selain juga biaya percetakan publikasi kertas semakin mahal, maka di sinilah katalog digital modern masuk. Katalog cetak semakin dianggap sebagai sesuatu di masa lalu.

Katalog digital bisa menangani masalah dengan menawarkan kecepatan distribusi yang tinggi dan efisiensi biaya percetakan yang sangat rendah, dan dari sisi konsumen juga diuntungkan karena mereka bisa mengaksesnya dari ponsel, tablet, atau computer mereka. Bagi pemilik usaha mikro dan kecil, katalog digital adalah solusi untuk yang tidak memiliki sumber daya terbatas untuk bisa memamerkan produk dan layanan mereka ke pasar yang lebih luas.

Kolaborasi antara pihak akademisi dari Universitas Telkom dan Komunitas PPKM Kabupaten Bandung yang memiliki ratusan pengusaha mikro dan kecil adalah dengan menyediakan katalog online untuk menampung semua produk dan layanan anggota komunitas ini ke dalam katalog online yang diberi nama Pojok UMKM. Pojok UMKM ini akan menjangkau lebih banyak pelanggan potensial melalui tampilan berbagai produk milik anggota komunitas tersebut. Pameran produk di Pojok UMKM dapat meningkatkan pesanan dan penjualan para pengusaha mikro dan kecil dari komunitas bisnis PPKM Kabupaten Bandung. Pihak akademisi Universitas Telkom tidak hanya menyediakan media katalog online, juga menyediakan pendampingan selama menginput gambar dan informasi digital hingga perawatan alat. Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu perekonomian pengusaha UMKM di Kabupaten Bandung sehingga menambah lapangan kerja bagi warga sekitarnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline