Lihat ke Halaman Asli

Retno Setyorini

Dosen Universitas Telkom

Digital Signage, Solusi Pemasaran di Saat Sulit

Diperbarui: 21 Januari 2023   05:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Digital Signage adalah teknologi yang digunakan untuk menampilkan informasi visual, seperti gambar, video, dan animasi, pada layar digital. Teknologi ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) secara onsite.

Digital signage dapat menampilak gambar, video yang menarik hingga interaktif, hal ini tentu saja menguntungkan pelaku usaha dalam membantu memasarkan produknya.  Gambar serta video yang menarik tentunya akan menarik perhatian dan secara tidak langsung dapat mendorong penjualan bahkan terkadang terjadi impulse buying.

Disaat pasar sulit saat ini, digital signage dapat memaparkan pesan-pesan yang dapat membantu memperkuat citra perusahaan misalnya dengan logo serta desain yang disajikan. Penyajian konten secara interaktif dapat mempermudah pelanggan mengakses informasi produk UMKM dengan mudah dan meningkatkan engagement pelanggan.

UMKM perlu lebih responsif dalam menangapi perubahan situasi pasar yang dapat berubaah sewaktu-wakttu. Pemasaran real time dibutuhkan untuk menampilkan informasi real-time, sehingga UMKM dapat mengubah strategi pemasaran sesuai dengan perkembangan pasar seperti menyampaikan informasi produk terbaru, spesifikasi produk, serta promosi

Digital signage memperlihatkan lompatan kemajuan teknologi beberapa tahun belakang ini. Dari segi kemewahan dan estetika tampilan dalam layar membuaat produk menjadi terlihat berkelas, namun menghemat biaya dalam pemasaran. Sementara dari sisi pelangan pun akan diuntungkan dengan mengetahui semua informasi tentang produk yang ditawarkan.

Untuk UMKM dapat memanfaatkan Digital Signage sebagai inventaris teknologi yang paling berpengaruh dalam pemasaran menjadikan digital signage solusi cerdas meraih perhatian pelanggan. Teknologi didalamnya memungkinkan mengirimkan pesan ke tempat, waktu dan format konten yang tepat sehingga  dapat mempengaruhi penjualam, brand awarness serta pengalaman pelanggan .

kolase - dokpri

Perkumpulan Pengusaha Kecil Menengah (PPKM)  saat ini berkolaborasi dengan tim Ko+Lab Fakultas Ilmu Terapan dan Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University. Dalam mendukung penguatan UMKM anggota, diperlukan sebuah media fisik yang dapat membantu UMKM dalam memasarkan produknya.

Pemanfaatan Digital Signage dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi UMKM dalam meningkatkan pemasaran produk mereka secara onsite. Namun, UMKM juga perlu memperhatikan faktor-faktor seperti biaya, desain, dan pemeliharaan dalam implementasi Digital Signage untuk mencapai hasil yang optimal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline