Lihat ke Halaman Asli

Retno Setyorini

Dosen Universitas Telkom

Meraih Pasar Melalui e-Commerce di Era New Normal

Diperbarui: 1 Agustus 2022   10:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pemerintah melakukan segala upaya dalam mendorong UMKM Go Digital. Pemberdayaan UMKM menuju digital ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia, dimana UMKM memiliki kontribusi yang sangat besar dalam  Pendapatan Domestik Bruto (PDB), dan Pada Tahun 2019 penyerapan tenaga kerja sebanyak 96.92% dari total tenaga kerja Indonesia.

Komunitas UMKM Gayatri Mahardika merupakan organisasi nonprofit yang diketua Ibu Firli, merancang program pembinaan UMKM menuju digital. Namun permasalahan di lapangan yang sering muncul adalah pengenalan usaha serta pelatihan pemasaran digital yang diberikan masih menggunakan tools yang masih bersifat konvemsional.

Kolaborasi antara UMKM Gayatri Mahardika dan Tim Dosen dari Fakultas Komunikasi Bisnis dan Fakultas Ilmu Terapan, Telkom University melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyrakat (PkM) diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh Komunitas Gayatri, yaitu melalui pemberian pelatihan dan workshop Optimalisasi Pemasaran Digital Dan E-Commerce Di Era New Normal, ujar Retno Setyorini selaku Ketua Tim PkM.

Pembuatan Platform Web Komunitas Gayatri Terintegrasi Web Ecommerce diharapkan menjadi solusi Komunitas Gayatri dalam melakukan pembinaan UMKM agar melek teknologi dan meningkatkan pengetahuan dibidang pemasaran digital.  Pelatihan pemasaran digital yang dilakukan bukan hanya cara menggunakan e-commerce sebagai media penjualan tetapi pembuatan konten pemasaran seperti poto produk, redesain kemasan untuk UMKM.

Harapan dari program PkM ini dapat membantu UMKM dalam memperluas pasar melalui e-commerce dengan menampilkan konten pemasaran digital yang menarik sehingga mendapatkam konsumen yang potensial, sehingga UMKM dapat bertahan serta bangkit kembali di era New Normal dengan meningkatnya omzet penjualan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline