Lihat ke Halaman Asli

Retno Setyorini

Dosen Universitas Telkom

Google My Business sebagai Sarana Promosi UMKM

Diperbarui: 27 November 2019   13:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Baru-baru ini Program Studi Administrasi, Telkom University (10/10) bekerjasama dengan Perhimpunan Pengusaha Karsa Mandiri (PPKM) Kabupaten Bandung melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk memberikan  pelatihan untuk anggota PPKM yang beranggotakan UMKM Kabupaten Bandung agar dapat memperluas pangsa pasar melalui pelatihan Pembuatan Profil Bisnis pada Google My Business.

Di era digitalisasi ini "memaksa" UMKM untuk lebih melek teknologi dalam memperluas pangsa pasar mereka. Kegiatan yang diikuti oleh 20 UMKM Kabupaten Bandung ini bertujuan mengenalkan fasilitas Google My Business sebagai sarana promosi dari produk yang mereka tawarkan.

Nadya Novandriani, selaku Dosen dan Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Prodi Administrasi Bisnis, Telkom University menyebutkan Google My Business ini akan membantu UMKM menuju layanan digital yang bersifat gratis. Para pelaku UMKM  dapat menggunakan layanan ini untuk membantu pengguna pencarian Google menemukan bisnis senada dalam pencarian baik melalui peta maupun Google Plus, serta sejumlah informasi lainnya.

Informasi yang terkumpul seperti berapa banyak orang yang menelepon, pengguna yang mengklik informasi seputar usaha mereka menjadi data penting bagi UMKM untuk evaluasi produk dan memperluas pasar.

Para peserta pelatihan pun di latih membuat profil dalam Google My Business dengan memasukan sejumlah informasi terkait bisnis yang mereka jalani, diharapkan dengan pelatihan ini dapat membantu para pelaku bisnis terutama UMKM untuk tumbuh dan berkembang membangun perekonomian negeri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline