Lihat ke Halaman Asli

Retno Sri N

Mahasiswa

Pengaruh Produk Digital bagi Masyarakat Konsumtif

Diperbarui: 23 Juli 2023   21:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seiring berkembangnya waktu dan semakin canggihnya teknologi di berbagai bidang membuat kita sangat mudah untuk melakukan apapun, dengan adanya perubahan teknologi ini dan juga peran internet yang semakin cepat memudahkan kita untuk melakukan segala hal dalam genggaman tangan kita hanya dengan scroll gadget di rumah dalam kondisi apapun kita dapat melalukan berbagai aktivitas yang biasanya kita lakukan dengan beraktivitas keluar rumah menghabiskan waktu, namun saat ini kita dapat melakukannya dengan efektif dan efisien hanya dengan membuka gadget dan mengoperasikannya. 

Berbagai aspek kehidupan sudah dengan mudah dijangkau dengan peran teknologi baik berkomunikasi jarak jauh sudah dapat kita lakukan, mencari informasi dan berita negeri luar pun sudah dapat kita akses melalui internet, bahkan kegiatan berbelanja juga saat ini lebih banyak dilakukan secara online, ini berarti pemasaran offline sudah tidak seefektif dulu karena saat ini banyak hal yang dapat kita kuasai di genggaman tangan kita seperti dengan mudahnya dapat melakukan belanja secara online.

Karena pada saat ini sudah banyak toko toko yang berinvasi ke online store karena saat ini dengan mudah kita dapat melakukan jual beli di platform platform e-commerce yang menjadi wadah transaksi seperti saat ini sudah ada Shopee, Lazada, Tokopedia, Akulaku, Zalora, dan masih banyak platform lainnya, bahkan di media media sosial pun sudah memiliki market place seperti pada Instagram dan juga Facebook, karena kemudahan yang tersedia dari kemajuan teknologi tersebut melatarbelakangi keputusan dalam belanja online. 

Pada saat ini teknik pemasaran tradisional sudah tidak cukup untuk menarik perhatian pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan, ditambah dengan kehadiran media sosial sebagai media penyaluran iklan membuat masyarakat tergiur untuk membeli sebuah barang hanya karna hasrat untuk menunjang gaya hidup masa kini. Bahkan tidak sedikit masyarakat membeli barang hanya karena rasa penasaran atau keinginan saja.

Bahkan ada yang rela mengorbankan uang sakunya hanya untuk membeli barang yang dipromosikan dan dengan promosi digital tersebut masyarakat akan lebih mudah melihat produk yang ditawarkan secara online dan membuat niat dan minat konsumen untuk membeli tanpa memikirkan kegunaan atau manfaat dari barang tersebut atau dengan kata lain membeli berdasarkan keinginan bukan kebutuhan untuk kedepannya kebiasaan dan gaya hidup seseorang juga dapat berubah dalam waktu yang singkat, mengarah pada kehidupan yang mewah dan kecenderungan yang berlebihan, dan akhirnya pada perilaku konsumtif. 

Menurut Setiaji (1995), tindakan konsumtif adalah kecenderungan seseorang berperilaku berlebihan dalam membeli sesuatu atau membeli secara tidak terencana. Sebagai akibatnya mereka kemudian membelanjakan uangnya dengan membabi buta dan tidak rasional, sekadar untuk mendapatkan barang-barang yang menurut anggapan mereka dapat menjadi simbol keistimewaan. 

Produk digital memiliki pengaruh yang signifikan bagi masyarakat konsumtif. Pengaruh ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi individu. Berikut adalah beberapa dampak produk digital terhadap masyarakat yang cenderung konsumtif yang disebabkan :

1. Kemudahan Akses, produk digital memberikan kemudahan akses untuk membeli barang dan jasa tanpa harus meninggalkan rumah. Berbagai platform e-commerce, aplikasi mobile, dan situs web menawarkan kenyamanan berbelanja secara online. Kemudahan akses ini dapat mendorong impulsivitas konsumen karena mereka dapat dengan cepat membeli barang tanpa banyak pertimbangan. 

2. Adanya Iklan Digital, perkembangan teknologi telah membuka peluang baru dalam pemasaran, termasuk iklan digital yang intensif, iklan digital dapat menargetkan audiens secara spesifik berdasarkan preferensi dan perilaku online mereka. Dengan adanya klan yang menarik dan persuasif dapat mempengaruhi masyarakat untuk membeli produk yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. 

3. Social Media dan Influencer, platform media sosial menjadi sarana efektif untuk mempromosikan produk digital. Influencer yang memiliki banyak pengikut dapat berpengaruh besar dalam membentuk pola pikir konsumen dan mendorong mereka untuk membeli produk tertentu. Kehadiran produk digital di berbagai konten media sosial juga dapat meningkatkan tekanan sosial untuk memiliki barang-barang tertentu. 

4. Penawaran Diskon dan Promo, strategi pemasaran digital sering kali mencakup penawaran diskon, promo, dan penjualan flash, hal ini dapat menarik konsumen untuk berbelanja lebih banyak atau membeli produk yang tidak mereka rencanakan sebelumnya karena adanya "penawaran khusus" yang terbatas. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline