Lihat ke Halaman Asli

Identitas Nasional Faktor dan Unsur Unsurnya

Diperbarui: 6 November 2022   23:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Identitas Nasional Bangsa Indonesia

Sebenarnya apasihh identitas nasional ituu? yukk kitaa usutt sampai tuntass apa aja yang terkait dalam identitas nasional.

Identitas memiliki arti sebagai ciri atau sebuah karakteristik yang dimiliki oleh setiap individu , kelompok ataupun lembaga.
Sedangkan nasional atau Nasionalisme yaitu kesetiaan tertinggi individu harus diserahkan kepada Negara kebangsaan.
 Identitas Nasional merupakan suatu hal yang dimiliki oleh negara yang merdeka dan negara yang berdaulat.Identitas Nasional digunakan sebagai pembeda antara satu negara dengan negara yang lainnya .

  Faktor-faktor Identitas Nasional
 faktor-faktor yang mendukung kelahiran identitas nasional bangsa Indonesia yaitu:
 1. Faktor objektif
faktor ini meliputi faktor geografis demografis dan ekologis.
Kondisi geografis ini membentuk Indonesia sebagai wilayah yang membentuk kepulauan yang beriklim tropis.
  Indonesia ini merupakan jalan antar wilayah di Asia Tenggara .
 2. Faktor subjektif, yaitu faktor  yang meliputi tentang historis, politik,sosial  dan kebudayaanyang dimiliki bangsa Indonesia .
 Faktor historis ini mempengarui proses pembentukan masyarakat Indonesia,karena faktor historis ini dapat menghasilkan interaksi dari berbagai faktor yang ada.Hasil interaksi dari berbagai faktor ini melahirkan proses pembentukan
 masyarakat, bangsa dan juga negara beserta identitasnya.
 
 Sedangkan menurut Robert de Ventos, sebagaimana dikutip Manuel Castell dalam bukunya, The Power of Identity mengemukakan  teori tentang awal munculnya identitas nasional suatu bangsa sebagai hasil interaksi. terdapat 4 faktor penting, yaitu :
 1. Faktor primer
 Faktor meliputi etnisitas, teritorial, bahasa, agama.Bangsa Indonesia tersusun atas berbagai macam etnis, bahasa, agama wilayah dan bahasa merupakan suatu
 kesatuan. Indonesia sendiri memiliki unsur-unsur yang beraneka ragam masing-masing memiliki cirikhas tersendiri. Kesatuan tersebut tidak menghilangkan keberanekaragaman karena indonesia sendiri memiliki sembohyan Bhinneka Tunggal Ika.
 2. Faktor pendorong
 Faktor ini terdiri dari pembangunan komunikasi dan teknologi, lahirnya angkatan bersenjata modern.
Ilmu pengetahuan dan teknologi serta pembangunan negara dan
 bangsanya juga merupakan suatu identitas nasional yang memiliki sifat dinamis. Oleh karena itu bangsa Indonesia proses pembentukan identitas nasional yang dinamis ini sangat ditentukan oleh tingkah kemampuan dan prestasi bangsa Indonesia dalam mebangun bangsa dankesatuan bangsa.
 3. Faktor penarik
 Faktor ini mencakup bahasa yang resmi,tumbuhnya birokrasi, dan pemantaan sistem pendidikan yang  nasional.unsur bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan dan kesatuan nasional, sehingga bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi negara Indonesia. Bahasa Indonesia telah dipilih sebagai bahasa antar etnis yang ada di Indonesia, meskipun pada dasarnya setiap daerah atau etnis di Indonesia memiliki bahasa daerah  masing-masing. D
 4. Faktor reaktif.
 Faktor ini meliputi penindasan, dominasi, dan pencarian identitas
 alternatif melalui memori masyarakat. Bangsa Indonesia tiga setengah abad dikuasai oleh bangsa lain.Penderitaan, dan kesengsaraan hidup serta semangat bersama dalam memperjuangkan kemerdekaan merupakan faktor yang sangat
 strategis dalam membentuk memori rakyat. Semangat
 perjuangan, pengorbanan, menegakkan kebenaran merupakan identitas untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara.
 Keempat faktor tersebut pada dasarnya tercakup dalam proses
 pembentukan identitas nasional bangsa Indonesia, yang telah
 berkembang dari sebelum bangsa Indonesia merdeka ini merupakan perjuangan melawan penjajahan bangsa lain. identitas nasional bangsa Indonesia melekat erat dengan perjuangan bangsa
 Indonesia untuk membangun bangsa dan Negara Indonesia. Bangsa dan negara Indonesia ini dibangun dari unsur-unsur
 masyarakat lama dan dibangun menjadi suatu kesatuan bangsa dannegara dengan prinsip nasionalisme modern. Oleh karena itu pembentukan identitas nasional Indonesia melekat erat dengan unsur-unsur seperti sosial, ekonomi, budaya, etnis, agama ,geografis.

    Unsur-Unsur Identitas Nasional
Identitas Nasional indonesia merupakan suatu kemajemukan.
 Kemajemukan itu merupakan gabungan dari unsur-unsur pembentuk identitas, unsur unsurnya yaitu suku bangsa,agama, kebudayaan dan bahasa.
  a. Suku Bangsa yaitu sesuatu yang khusus bersifat askriptif unsur ini ada sejak lahir,hal ini sama dengan umur dan juga jenis kelamin. Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali macam suku bangsa.
  b. Agama
masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang agamis. Agama-agama yang dianut oleh masyarakat indonesia yaitu
 agama Islam, agama Kristen , agama Katolik, agama Hindu, agama Budha, dan agama Kong Hu Cu.
 c. Kebudayaan
kebudayaan adalah pengetahuan manusia yang isinya pengetahuan yang digunakan  untukmemahami lingkungan dan digunakan sebagai pedoman untuk menjalankan sesuatu sesuai dengan lingkungannya.

 d. Bahasa
bahasa merupakan unsur pendukung identitas nasional karena bahasa sendiri merupakan sesuatu yang sangat penting yaitu untuk berkomunikasi.

 unsur-unsur identitas Nasional dibagi menjadi 3  yaitu:
 a. Identitas Fundamental
Identitas Fundamental yaitu Pancasila . Pancasila merupakan
 Dasar Negara dan ldeologi Negara Indonesia.
Secara lebih rinci beberapa bentuk identitas nasional Indonesia, dibagi menjadi 3 yaitu adalah sebagai berikut:
1.Bahasa Indonesia 

Bahasa indonesia merupakan bahasa nasional dan merupakan bahasa persatu bangsa indonesia. Bahasa Indonesia ini berasal dari rumpun bahasa Melayu yang dipergunakan sebagai bahasa komunikasi,  kemudian diresmikan sebagai bahasa resmi indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928. Negara indonesia sepakat menggunakan bahasa indonesia karena bahasa indonesia merupakan bahasa nasional ,Bahasa indonesia senidiri merupakan identitas nasional negara Indonesia.

2. Bendera Merah Putih

Bendera Merah putih merupakan bendera negara Indonesia. Warna merah sendiri berarti berani sedangkan putih berarti suci. Lambang merah putih diangkat sebagai bendera negara. Bendera merah putih ini dikibarkan pertama kali pada tanggal 17 Agustus tahun 1945, pada saat upacara kemerdekaan negara Indonesia.

3. Indonesia Raya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline