Lihat ke Halaman Asli

Retno Wulandari

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Pancasila Sebagai Ideologi Politik Bangsa Indonesia

Diperbarui: 23 Juni 2024   05:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI POLITIK BANGSA INDONESIA

Retno Wulandari

Saeful Mujab, S.Sos, M.I.Kom

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Abstract

In a country must have an ideology to make a country's identity. The political ideology used by the Indonesian state is Pancasila. The history of the formation of Pancasila through various long processes, until the formation and establishment of Pancasila as a manifestation of cultural values that have been attached by the Indonesian people. As for the determination of the joints contained in Pancasila, it has undergone various changes until the determination of the five main joints. the five main joints of Pancasila are still used today. This research uses normative legal methods using a historical approach. The data collection technique is a literature study. The data analysis technique used in this research is qualitative analysis. In this study, it focuses on the history of the birth of Pancasila and the reason the Indonesian state made Pancasila as a political ideology of the Indonesian nation. 

 

Abstrak

Dalam sebuah negara pasti memiliki ideologi untuk menjadikan sebuah identitas sebuah negara. ideologi politik yang digunakan negara Indonesia berupa Pancasila. Sejarah terbentuknya Pancasila melalui berbagai proses panjang, hingga terbentuknya dan ditetapkannya Pancasila sebagai sebuah perwujudan dari nilai budaya yang sudah melekat oleh bangsa Indonesia. Adapun dalam penetapan sendi yang terkandung dalam Pancasila mengalami berbagai perubahan hingga adanya penetapan lima sendi utama.  lima sendi utama Pancasila tersebut masih digunakan hingga saat ini. Penelitian ini menggunakan metode hukum normatif dengan menggunakan pendekatan sejarah. Teknik pengunpulan datanya adalah studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitataif. Dalam penelitian ini, berfokus sejarah lahirnya Pancasila dan Alasan negara Indonesia menjadikan Pancasila sebagai sebuah ideologi politik bangsa Indonesia.

Latar Belakang

          Indonesia merupakan negara asia tenggara yang memiliki banyak penduduk dengan mayoritas beragama muslim. Negara yang memiliki lambang burung garuda dengan semboyan 'Bhinneka Tunggal Ika' yang berarti tetapi berbeda -- beda tetap satu -- kesatuan. Semboyan ini menggambarkan kondisi negara Indonesia yang mempunyai berbagai macam keragaman Budaya, Suku, Ras, dan Agama. Namun perbedaan tersebut disatukan menjadi satu bangsa dan satu Bahasa. Semboyan ini memiliki tujuan untuk memunculkan keinginan dalam menerima dan menghargai keragaman budaya yang ada di negara Indonesia, agar terjalinnya suatu kesatuan dan menghindari terpecah belahnya negara Indonesia.

         Dalam sebuah negara pasti memiliki ideologi untuk menjadikan sebuah identitas dari negara tersebut. Pentingnya ideologi sebagai pola pikir atau sebuah gagasan suatu bangsa dalam sebuah negara, konsep ideologi penting untuk dikaji dalam sebuah ilmu politik. Dalam makna itimologi, Ideologi dapat disebutkan sebagai sesuatu yang dipikirkan dan dipercayai dalam konteks masyarakat, kekuasaan, hak, tujuan kelompok, dan tentang semua yang menentukan Tindakan mereka. Adapun disebutkan ideologi merupakan suatu system gagasan politik yang dibangun untuk melakukan Tindakan politik seperti menjalankan tugas suatu negara, melakukan Gerakan sosial atau politik, partai politik, mengadakan revolusi, ataupun kontrarevolusi(Basri, 2011). Adapun jenis jenis ideologi politik oleh berbagai negara diantara seperti Liberalisme, Sosialisme, Kapitalisme, Neoliberalisme, dan Fundamentalisme.  

          Adapun ideologi politik yang digunakan negara Indonesia berupa Pancasila. Sejarah terbentuknya Pancasila melalui berbagai proses panjang, hingga terbentuk dan ditetapkannya Pancasila sebagai sebuah perwujudan dari nilai budaya bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, Pancasila merupakan ideologi khas milik masyarakat Indonesia. 01 Juni 1945, Pancasila diresmikan sebagai dasar negara Indonesia dan sampai hari ini. Pancasila masih digunakan oleh bangsa Indonesia sebagai tolak ukur untuk mencapai tujuan dari bangsa Indonesia itu sendiri. Adapun dalam penetapan sendi yang terkandung di dalam Pancasila mengalami berbagai perubahan hingga adanya penetapan lima sendi utama.  lima sendi utama Pancasila tersebut masih digunakan hingga saat ini. Dalam penelitian ini, berfokus bagaimana sejarah terbentuknya pancasila dan mengapa Pancasila dijadikan sebagai sebuah ideologi politik bangsa Indonesia.

Pertanyaan Penelitian

Melalui latar belakang yang sudah dijelaskan oleh peneliti, berikut ini dapat dilihat pertanyaan penelitian, yaitu:

  • Bagaimana sejarah lahirnya Pancasila?
  • Mengapa Pancasila dijadikan sebuah ideologi politik di Indonesia?

Tujuan Penelitian

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline