Lihat ke Halaman Asli

Uniknya Potensi Desa Wisata Sanankerto yang Tiada Duanya

Diperbarui: 5 November 2022   22:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sbr : IG @boonpringandeman

Kabupaten Malang emang tiada habis keindahannya meskipun digali sedalam apapun.  Kali ini mari berjalan-jalan sebentar ke sebuah desa yang berada di Kecamatan Turen. Desa ini terkenal dengan potensi wisatanya yang unik. Nama desa itu Adalah Sanankerto yang berjarak kurang lebih 27 Km dari pusat Kota Malang.

Keunikan potensi wisata di desa Sanankerto ini membawa Desa Wisata Sanankerto menjadi satu dari 50 desa wisata terbaik pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021.

Pasti pada penasaran kan, apa keunikan dari Desa Wisata Sanankerto yang kini juga semakin dikenal berkat event Festival Kreatif Lokal yang digelar oleh Adira Finance ini? Berikut ini adalah beberapa potensi wisata di desa Sanankerto yang pantang untuk dilewatkan.

Potensi dan keunikan Desa Wisata Sanankerto

1. Memiliki tempat wisata bernama Boon Pring Sesuai namanya, tempat ini merupakan wisata telaga yang dikelilingi hutan bambu yang indah. Hutan bambu tersebut terdiri atas 115 jenis pohon bambu lengkap beserta keterangannya. 

Di sini kita juga bisa belajar mengenal pohon bambu melalui arboretum bambu atau musium pohon bambu. 

Kita juga dapat melakukan berbagai aktivitas menyenangkan di area telaga seperti bermain sepeda air, naik perahu, berenang di kolam renang dan lain-lain.

Bagi teman-teman penggemar fotografi, dapat memanfaatkan moment Ray Of Light (Rol) untuk mendapatkan hasil foto yang indah dan unik. ROL adalah saat dimana sinar matahari menembus sela sela pohon bambu dan menghasilkan siluet cahaya yang indah.

2. Dari segi budaya, Desa Wisata Sanankerto memiliki berbagai macam kesenian daerah seperti tari topeng, cucuk lampah, gejok lesung dan lain-lain.

3. Dari bidang kreatif muncul batik tulis boon pring, kerajinan dari bambu, telur asap, carang mas dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline