Lihat ke Halaman Asli

Lido, Antara Tracking dan Paraglading

Diperbarui: 14 September 2015   13:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Bagi orang Jakarta rekreasi untuk melepas kepenatan atas jenuh kegiatan mereka biasanya berlibur. Ada dua pilihan mereka yaitu laut atau gunung. Ada beberapa pilihan untuk destinasi laut ; Ancol dan beberapa pantai di utara Jakarta. Sedangkan untuk bukit dan gunung mereka akan memilih Puncak , atau Lido. Semuanya di kabupaten Bogor dan sebagian Sukabumi.

Bogor memang tempat yang layak direkomendasikan. sebagai salah satu kota wisata yang lokasinya juga berada tidak jauh dari kota Jakarta, kota yang juga begitu dikenal dengan pesona keindahan alamnya ini, sebenarnya menyimpan banyak sekali objek-objek wisata rekreasi menarik yang layak untuk kita kunjungi.

Salah satu objek wisata rekreasi andalan dikota Bogor yang juga menawarkan pesona keindahan alam, berupa sebuah danau sebagai sajian utamanya tersebut, terletak disekitar Jalan Raya Sukabumi, Desa Wates Jaya, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lebih tepatnya Taman Rekreasi Danau Lido berjarak lebih kurang sekitar 25 kilometar dari kota Bogor, atau lebih kurang sekitar 65 kilometer bila ditempuh dari arah kota Jakarta.

Disamping itu, tidak sulit untuk menemukan berbagai sarana transportasi umum, guna mencapai lokasi wisata rekreasi ini. Terdapat berbagai pilihan angkutan dapat kita gunakan baik dari kota Bogor, maupun kota Jakarta.
Lido dikelilingi lembah Cijeruk dan Cigombong, serta diapit oleh Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango. Dimana tampak hamparan dari berbagai jenis pepohonan hijau yang tumbuh dengan subur dan rindang disekitarnya, menjadikan pemandangan alam disekitar Taman Rekreasi Danau Lido semakin terasa begitu sempurna. Tidak salah bila daerah ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Berbagai fasilitas wisata pendukung juga telah disediakan guna lebih memanjakan para wisatawan yang datang dan berwisata dikawasan Taman Rekreasi Danau Lido. Diantaranya yakni, berbagai fasilitas untuk melakukan kegiatan berwisata air, seperti Sepeda Air, Perahu Tradisional, serta Speedboat.

Di Lido kita mendapati sebuah pulau kecil dan tampak begitu eksotik, juga menjadi salah satu sajian pelengkap pesona pemandangan alam yang tersaji pada kawasan objek wisata ini. Banyak sekali hal menarik, dapat kita lakukan pada pulau kecil yang dapat dicapai dengan menggunakan perahu, karena letaknya yang berada ditengah-tengah Danau Lido itu.
Mulai dari melakukan kegiatan memancing, atau sekedar bersantai dipinggir pulau guna menikmati sajian berupa pemandangan alam disekitar danau, sembari mencicipi berbagai sajian kuliner tradisional. Wisatawan juga bisa melakukan tracking sekeliling danau Lido.

Keistimewaan lain yang dapat kita temukan pada kawasan Taman Rekreasi Danau Lido, yakni berbagai sajian kegiatan olahraga udara. Salah satu kegiatan yang penuh dengan sensasi dan tantangan tersebut, dapat kita temukan pada sebuah areal yang saat ini dikelola oleh Lido Aero Club

Berbagai jenis kegiatan olahraga diudara yang dapat kita temukan, diantaranya yakni Terjun Payung, Aeromodeling, Paramotor atau Parasut Bermotor, Paralayang, serta Swayasa. Para olahragawan paragliding sering memakai Lido untuk take sekaligus landing. Terdapat pula sebuah kawasan Outbound yang saat ini, juga telah dilengkapi dengan berbagai wahana permainan dan rintangan dialam, seperti Flying Fox, dan beberapa permainan penuh tantangan lainnya.

Nah, banyak sekali bukan fasilitas menarik yang disajikan pada kawasan objek wisata rekreasi andalan yang satu ini? Ke depan, pengusaha Hary Tanoesoedidjo akan membangun wilayah itu dengan wahana yang lebih lengkap. Tentu akan lebih banyak membuat pemasukan kabupaten Bogor meningkat. Para penduduk sekitar juga mengambil manfaat ekonomi dari situ.

Mengasyikkan bukan ?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline