Lihat ke Halaman Asli

Memahami Karakteristik Siswa

Diperbarui: 26 Juni 2015   09:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Inovasi pembelajaran sangat dibutuhkan dalam pendidikan mengingat berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta informasi yang semakin pesat juga tuntutan masyarakat terhadap lulusan pendidikan yang berkualitas mengharuskan guru untuk melakukan inovasi pembelajaran. Inovasi pembelajaran ini berjudul "Memahami Karakteristik Peserta Didik" disini guru dalam pembelajaran harus bisa menciptakan suasana yang menyenangkan, mampu menumbuhkan budaya bertanya di kelas dan menghargai adanya perbedaan gaya belajar. Menggunakan inovasi pembelajaran ini mengingat siswa menyukai sesuatu yang menyenangkan yang tidak menegangkan, tidak membuat stess sehingga materi yang dipelajari mudah dicerna. Mengapa guru harus mampu menumbuhkan budaya bertanya di kelas? Karena dengan begitu akan membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Sedangkan dengan menghargai perbedaan gaya belajar siswa akan lebih optimal belajarnya karena dia belajar sesuai dengan gaya belajarnya sendiri.

Menciptakan suasana yang menyenangkan dengan cara dalam pembelajaran diselingi dengan permainan, mengingat anak SD dalam tahap operasional konkret guru dalam menyampaikan materi disajikan secara konkret misalnya pada waktu pembelajaran Matematika tentang bangun ruang guru membawakan bentuk-bentuk bangun ruang yang terbuat dari karton. Di dalam ruangan kelas juga di dukung dengan gambar-gambar pahlawan atau tulisan-tulisan yang menarik yang mendukung pembelajaran. Selain itu, penataan tempat duduk yang berganti-ganti misalnya dalam satu minggu setiap tiga hari sekali penataan kursi di ubah bisa berbentuk huruf U atau lingkaran. Tidak ketinggalan guru memberikan senyum kepada siswa-siswanya sewaktu masuk ke dalam kelas maupun dalam proses pembelajaran jangan memperlihatkan wajah cemberut. Semua ini InsyaAllah akan membuat siswa senang dalam belajar.

Mampu menumbuhkan budaya bertanya di kelas akan membuat siswa kritis, kreatif dan problem solver. Caranya adalah guru dalam memberikan materi dikemas sebaik mungkin agar menimbulkan rasa penasaran siswa untuk bertanya. Misalnya pada saat pelejaran ketrampilan guru membawakan bentuk kerajinan ikan-ikanan yang terbuat dari pita jepang, siswa akan penasaran bertanya bagaimana cara membuatnya bu?. Selain itu, memberikan kesempatam pada siswa untuk bertanya dan berusaha menjawab setiap pertanyaan siswa.

Setiap siswa mempunyai otak yang unik dan mempunyai karakteristik yang berbeda-beda baik kemampuan, minat dan bakatnya. Untuk menghargai keunikan dan perbedaan tersebut adalah dengan cara menghargai adanya perbedaan gaya belajar. Guru dalam pembelajaran harus mengetahui dan memahami keunikan dan perbedaan yang ada pada setiap siswa sehingga guru bisa memberikan sebanyak mungkin pendekatan gaya belajar. Sehingga dalam pembelajaran guru tidak hanya berada di kelas saja karena ada siswa yang gaya belajarnya suka belajar dengan berinteraksi, bereksplorasi dan mengobservasi seperti kunjungan ke lapangan, situasi-situasi nyata dan eksperimen.

Inovasi pembelajaran ini bisa diterapkan untuk siapa saja. Inovasi pembelajaran ini mempunyai keunggulan membuat siswa senang dalam belajar dan siswa menjadi lebih aktif dalam belajar. Namun, inovasi pembelajaran ini mempunyai kelemahan agak sulit diterapkan karena untuk melayani gaya belajar siswa yang begitu banyaknya diperlukan keadilan atau keseimbangan dalam melayani setiap gaya belajar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline