Lihat ke Halaman Asli

Kenali Dulu Karakter Pelanggan Bila Ingin Menjadi Pebisnis Online

Diperbarui: 17 Agustus 2018   00:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok.pribadi

Punya cita-cita menjadi pebisnis online sukses?

Selama ini, sudah banyak orang yang sukses merintis bisnis online dari nol. Ada banyak sekali jenis produk dan jasa yang dapat Anda pilih jika ingin memulai bisnis online. Asalkan Anda sudah mempelajari teknik-teknik bisnis online secara teliti dan menyeluruh.

Salah satu hal penting yang harus Anda pahami dalam bisnis online adalah karakter pelanggan. Biasanya, karakter pelanggan yang beraneka ragam membuat Anda harus lebih cermat menghadapinya.

Anda akan berhasil menjadi pebisnis online sukses jika sudah mengenal beberapa karakter pelanggan berikut ini:

Pelanggan yang Hanya Suka Bertanya

Jika ingin menjadi pebisnis online sukses, tentu saja Anda harus selalu tekun dan sabar. Terutama ketika Anda harus menghadapi pelanggan yang hanya suka bertanya. 

Karakter pelanggan yang satu ini memang menyebalkan dan kerap membuat para pebisnis online jadi naik pitam. Namun, bukan mustahil jika Anda berhasil membuat pelanggan ini membeli produk atau jasa jika Anda melayaninya dengan telaten. Jawablah semua pertanyaan dengan sabar sekalipun Anda sudah mulai merasa kewalahan.

Pelanggan Pemburu Diskon

Para pelanggan yang selalu berburu diskon biasanya sangat tertarik dengan potongan harga dan promo lainnya yang Anda tawarkan. Oleh sebab itu, Anda mesti lebih proaktif menghadirkan informasi diskon untuk menarik minat pelanggan yang satu ini. Siapkan update informasi mengenai diskon di akun media sosial bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan broadcast message berisi informasi diskon tersebut kepada para pelanggan.

Pelanggan yang Takut Ditipu

Biasanya pelanggan yang pernah mengalami pengalaman buruk dengan bisnis online akan menjadi lebih insecure. Pelanggan tersebut tentu khawatir akan ditipu untuk kedua kalinya. Hal ini menjadi tugas Anda untuk meyakinkan pelanggan tersebut. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline