Lihat ke Halaman Asli

Restu Syiffa Arrohiim

KKN Teamatik 2020/2021

Pengaruh Media terhadap Pembelajaran Daring Pada Pandemi Covid-19

Diperbarui: 17 Juli 2021   23:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Oleh : Restu Syiffa Ar'rohiim

Pendidikan masa kini telah memasuki revolusi industri 4.0. Hal ini dicirikan  dengan penggunaan teknologi media yang semakin canggih dan berkembang. Revolusi industri 4.0 memberikan dampak positif bagi dunia Pendidikan Indonesia yaitu munculnya pembelajaran berbasis teknologi dan elektronik atau e-learning yang dapat memberikan kemudahan kepada pendidik dan juga peserta didik dalam mengakses informasi tanpa batasan. Dalam dunia Pendidikan 4.0 merupakan fenomena yang merespons kebutuhan revolusi industry dengan penyesuaian kurikulum.

Pada masa Pandemi Covid-19 dunia Pendidikan di Indonesia memanfaatkan pembelajaran melalui teknologi, elektronik dan juga internet untuk keberlangsungan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan demikian pembelajaran akan terus berlangsung sesuai dengan arahan yang diberikan oleh Kemendikbud. Penerapan media aplikasi pembelajaran pada masa Pandemi Covid-19 ini cukup beragam seperti Google Meet, Zoom, Whatsapp, Google Class Room dan Quiziz yang dapat digunakan oleh pendidik dan peserta didik. Namun tidak semua media dapat diterima karena adanya keterbatasan kuota, sinyal buruk, dan ketidak pahaman dalam menggunakan aplikasi juga ketidak pahaman orang tua siswa khususnya di Sekolah Dasar dalam membimbing siswa untuk keberlangsungan sebuah pembelajaran.

Pembalajaran jarak jauh (PJJ) ini masih kerap dianggap sulit oleh sebagian siswa karena banyaknya keterbatasan dan tekanan yang dialami oleh siswa. Salah satu dampak dari pembelajaran jarak jauh dan pembelajaran daring ini yang dikemukakan oleh Kemendikbud yaitu tekanan psikologis pada anak yang dapat memicu stress karena banyaknya tugas dan juga minimnya interaksi dengan guru, teman serta lingkungan. Terlepas dari itu pembelajaran jarak jauh juga memiliki dampak positif bagi peserta didik yaitu kemandirian dan sikap bertanggung jawab, serta turut membantu program pemerintah dalam menekan penyebaran virus Covid-19 yaitu tidak terjadinya kerumunan antar anak maupun pengantar anak.

DPL : Didin Samsudin

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline