Lihat ke Halaman Asli

Hukum Perkawinan Wanita Hamil

Diperbarui: 21 Februari 2023   20:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KELOMPOK 4

HUKUM PERKAWINAN WANITA HAMIL

Nama: Resti Liyawati

NIM: 212121164

1.Pernikahan wanita hamil terjadi di masyarakat karena : 

Hamil di luar nikah sangat tabu di Indonesia dan termasuk dalam kategori zina dalam Islam. Hamil di luar nikah adalah zina dan harus dihukum menurut kriteria Islam. Ketika terjadi kehamilan di luar nikah, muncul masalah yaitu rasa malu keluarga. Jika kehamilan di luar nikah, pasangan wajib menikah segera untuk melindungi keluarga dari rasa malu lebih lanjut. Lain halnya jika perkawinan itu dilakukan oleh seseorang yang didahului dengan perbuatan melawan hukum, seperti persetubuhan antara dua jenis kelamin di luar hukum Islam dan hukum perkawinan yang ada. Perkawinan ini sering disebut sebagai perkawinan akibat perzinahan. 

Ada beberapa alasan untuk menikahi wanita hamil karena zina, antara lain: 

1.Menyembunyikan rasa malu 

karena sebelum hamil pria itu meminta wanita hamil untuk menikah dengannya, tetapi dia tidak mau melakukannya. membuat berbagai macam alasan, tidak ingin mencampur anak dan suami, ingin berkarir dulu, bahkan ibu hamil mengatakan bahwa, siapa tahu ada pilihan yang lebih baik (better pairing) sebenarnya jika wanita itu hamil, pria tidak. jangan lakukan itu awalnya tidak mau bertanggung jawab, karena dia marah karena penolakannya sudah dan pergi, tapi karena malu dan mungkin masih karena cinta dia kembali lagi dan ingin menikah wanita yang hamil dengannya. 

2.Harus bertanggung jawab atas perbuatannya, karena  

membuat seorang wanita hamil, padahal mereka tidak menginginkan kehamilan itu terjadi pada awalnya, mungkin karena mereka sering bersama, sehingga terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline