Lihat ke Halaman Asli

Restalina Nainggolan

Teacher Biology

Fact

Diperbarui: 30 September 2023   20:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

                                                                                            SISTEM RESPIRASI

Belajar itu seumur hidup, 

Belajar tiada batas waktunya,

Belajar tidak ada kadaluarsanya,

Belajar memperkaya wawasan,

Belajar membuat kita mampu memposisikan diri kita dimanapun.

Belajar membuat kita bijak menjalanin Hidup.

Kali ini kita belajar tentang beberapa fact tentang Sistem Respirasi kita. yuks kita mulai:

Fakta pertama; Paru-paru sebelah kanan lebih sering terasa nyeri atau sakit dibandingkan  paru-paru sebelah kiri kita! Benar gak sih??? berdasarkan teorinya faktor penyebabnya berhungan dengan struktur bronkiolus kanan dan kiri yang berbeda. struktur bronkiolus sebelah kanan kita lebih curam jika di bandingkan dengan bronkiolus sebelah kiri. sehingga ketika ada bakteri atau virus yang menyerang organ paru-paru kita yang pertama sekali terkena adalah paru-paru sebelah kanan terlebih dahulu. begitu ceritanya sobat kompasiana.

Sekarang fakta yang ke dua, Paru-paru sebelah kanan lebih banyak menghirup udara dibandingkan yang sebelah kiri. kalau yang fakta ini masih banyak yang belum tau kah sobt kompasina?  kalau ini disebabkan paru-paru kanan dan kiri kita memiliki jumlah lobus yang berbeda sobat, paru-paru kanan memiliki 3 lobus, sedangkan paru-pari kiri kita hanya memiliki 2 lobus, perbedaan jumlah lobus ini lah yang memyebabkan paru-paru sebelah kanan kita menghirup lebih banyak udara karena daya tampungnya jadi lebih besar  sobat.

fakta terakhir Anda tidak bisa menghirup napas dan menelan ludah pada saat yang bersamaan! hayooo di coba dulu, benar tidak sobat fakta yang ke tiga ini. kalau fakta yang ketiga ini berkaitan dengan "Katup Epiglotis". katup epliglotis tersusun atas tulang rawan, epligotis ini memiliki peranan penting saat kita makan, berbicara dan bernapas.  fungsi utamnya katup epiglotis ini mencegah makanan dan minuma masuk ke saluran respirasi atau pernapasan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline