Lihat ke Halaman Asli

Resta Alpauji

Selalu bahagia gaes

Hubungan Pancasila dengan Ideologi Negara

Diperbarui: 11 November 2020   15:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Artikel Membangun Argumen tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Ideologi Negara

        Hubungan Pancasila dengan ideologi negara

Pancasila adalah pilar ideologis negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: paca berarti lima dan la berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ideologi adalah suatu kumpulan gagasan, ide-ide dasar, keyakinan dan kepercayaan yang bersifat dinamis. Ideologi merupakan cara pandang membentuk karakter berpikir dalam mewujudkan keinginan atau cita-cita.

Jadi Hubungan pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia adalah bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi Pancasila itu menjadi cita-cita normatif bagi penyelenggaraan bernegara.

Pancasila merupakan landasan ideologi untuk kehidupan bangsa Indonesia. Pilar ideologi ini memuat lima sila yang mencakup seluruh aspek. Mulai dari ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan hingga keadilan.
Sebagai ideologi negara, Pancasila juga dapat diartikan sebagai landasan fundamental dalam kehidupan. Dengan kata lain, Pancasila memuat nilai dan norma yang bisa dijadikan pedoman untuk berperilaku.
Selain itu, nilai dalam Pancasila juga dapat diartikan sebagai cita-cita bangsa. Artinya, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat menjadi visi untuk menjalankan kehidupan bernegara.
Butir-butir sila Pancasila juga dapat menjadi sarana untuk menyatukan masyarakat di Indonesia. Seperti diketahui, bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku, agama, dan ras yang berbeda-beda.
Tanpa ideologi dasar, tentunya masyarakat akan sulit untuk disatukan. Namun dengan kehadiran Pancasila, masyarakat akan bersatu sebagai bangsa Indonesia.

Ideologi Pancasila menjadi sangat penting bagi bangsa Indonesia karena Pancasila memiliki beberapa kedudukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.Kedudukan itu seperti Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia,Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia, Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.

Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa pancasila yang digunakan sebagai ideologi negara memiliki peranan atau fungsi yaitu: Sarana pemersatu bangsa Indonesia. Membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan. Memberikan motivasi untuk menjaga dan memajukan jati diri bangsa Indonesia.

Alasan mengapa para pendiri bangsa memilih pancasila sebagai dasar dan ideologi bangsa Indonesia karena :
1).Nilai Nilai yang terkandung dalam pancasila diambil dari kebudayaan dan adat istiadat bangsa Indonesia sebelum Indonesia membentuk sebuah Negara
2).Nilai yang terkandung didalam pancasila sangat cocok untuk diterapkan di kehidupan sehari hari
3).Ideologi pancasila juga hanya mengatur manusia sebagai individu atau masyarakat
dengan demikian pancasila sah untuk dijadikan sebagai ideologi Negara.

Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.
Namun, sekarang banyak generasi muda yang lupa akan pentingnya pancasila. Kemajuan teknologi yang begitu pesat membuat masuknya berbagai macam pengaruh dari luar, termasuk gaya hidup yang seringkali bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Jika hal tersebut terus terjadi, akan memungkinkan nilai-nilai Pancasila akan tergilas habis oleh budaya global yang datang.
Oleh sebab itu, sangat diperlukan untuk melakukan reaktualisasi nilai-nilai luhur Pancasila, apalagi untuk generasi milenial.
Semakin majunya teknologi selain memberikan dampak positif juga dapat memberikan dampak negatif apabila dalam pemakaiannya kurang digunakan dengan baik. Seperti munculnya internet yang mampu membuat perubahan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari manusia.kebebasan itu seperti kebebasan untuk berkomunikasi dan menyebarkan informasi ke seluruh penjuru dunia. Apabila hal ini terus dilakukan tanpa adanya dasar kemauan yang kuat terhadap kecintaannya kepada tanah air Indonesia dan pedoman bangsa yakni pancasila, maka negara ini akan mudah terpecah belah. Generasi muda sebagai penerus bangsa perlu diberikan banyak penyuluhan mengenai pentingnya pancasila sebagai alat pemersatu bangsa. Pancasila sangat peting sebagai Platform Pembangunan Manusia dan Kebudayaan NKRI. Tanpa adanya ideologi, negara tidak bisa maju dan bersatu.

Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup sekaligus juga merupakan ideologi negara. Sebagai ideologi negara berarti pancasila merupakan gagasan dasar yang berkenaan dengan kehidupan negara.Pancasila bukan hanya suatu yang bersifat statis melandasi berdirinya negara Indonesia akan tetapi pancasila membawakan
gambaran mengenai wujud masyarakat tertentu yang diinginkan serta prinsip-prinsip
dasar yang harus diperjuangkan untuk mewujudkannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline