Lihat ke Halaman Asli

Reskiyani Apreliani

Mahasiswa UHO, D3 Statistika

Pentingnya Mempelajari tentang Teknologi Informasi dalam Suatu Pendidikan

Diperbarui: 15 September 2022   14:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Teknologi zaman sekarang merupakan hasil pembentukan dan perkembangan ilmu pengetahuan, dan terjadi dalam bidang pendidikan. Sangat cocok untuk pendidikan. Pendidikan itu sendiri juga cocok untuk penggunaan teknologi untuk membantu pelaksanaan pembelajaran (Dokpri)

Ilmu pengetahuan berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan ilmu ini mendukung terciptanya teknologi-teknologi baru yang menandai kemajuan zaman. Selama ini teknologi yang dikembangkan sudah memasuki tahap digital. Termasuk di Indonesia, setiap bidang sudah mulai memanfaatkan teknologi untuk memajukan pekerjaan, termasuk pendidikan

Oleh karena itu, pendidikan itu sendiri juga harus menggunakan teknologi untuk membantu pelaksanaan pembelajaran.

Teknologi digital kini sudah mulai digunakan di dalam lembaga pendidikan sebagai sarana untuk mendukung pembelajaran, baik sebagai alat informasi (yaitu sebagai sarana mengakses informasi) atau sebagai alat pembelajaran (yaitu sebagai sarana penunjang kegiatan belajar dan tugas).

Teknologi merupakan hasil ciptaan manusia. Oleh karena itu, wajar bila memiliki kekurangan atau dampak negatif. Di dalam bidang pendidikan, selain memiliki sisi positif, teknologi juga memiliki sisi negatif. Jika disuatu sekolah atau disebuah perguruan tinggi tidak memadai  teknologi informasi maka akan mengalami keterbelakangan untuk proses belajar mengajar.

Dengan demikian maka pemanfaatan Teknologi Infromasi dapat dioptimalkan untuk pendidikan di Indonesia dan Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah diakses untuk kepentingan pendidikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline