Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat menyampaikan pembelajaran dari penerapan konsep inti dari modul budaya positif serta pemahaman mereka mengenai konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif.
Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak,
Anda telah sampai di penghujung modul 1.4. Sekarang saatnya Anda mengimplementasikan pemahaman Anda terkait budaya positif yang dapat membantu murid belajar dengan aman dan nyaman sesuai filosofi KHD. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapat kesempatan untuk membagikan pemahaman dan pengalaman kepada guru-guru di sekitar Anda.
Secara rinci, berikut adalah langkah-langkah untuk Aksi Nyata di modul 1.4, Anda mendapat waktu 2 minggu untuk menjalankan dua hal , yaitu: (a) mengimplementasikan konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif di lingkungan kelas Anda, sesuai yang dibuat di tahap Koneksi Antarmateri, dan (b) membagikan pemahaman dan pengalaman dalam menerapkannya kepada rekan-rekan Anda.
Sepanjang proses penerapan, dokumentasikan proses yang terjadi, terutama pada tahapan-tahapan yang Anda anggap penting. Dokumentasi yang berupa foto atau video ini dapat Anda tunjukkan saat sesi berbagi. Anda dapat melakukan sesi berbagi dengan dua moda yaitu moda luring, jika situasi memungkinkan, atau moda daring, melalui webinar kecil atau berbagi dalam kelompok (group sharing). Dalam webinar ini, Anda dapat mengundang minimal sepuluh (10) orang peserta.
Dalam sesi tersebut, Anda akan membagikan dua hal yaitu (a) pemahaman Anda terhadap konsep-konsep kunci dalam Modul Budaya Positif, yaitu perubahan paradigma belajar, disiplin positif, motivasi perilaku manusia, kebutuhan dasar, posisi kontrol restitusi, keyakinan kelas dan segitiga restitusi, (b) pengalaman dan pembelajaran yang Anda dapat setelah menerapkan konsep-konsep kunci tersebut, baik di kelas dan/atau rumah Anda.
Sebelum mendiseminasikan budaya positif saya membuat rancangan tindakan untuk aksi nyata tersebut.
Latar Belakang
Belum menyeluruhnya pemahaman warga sekolah guru tentang penerapan konsep-konsep inti budaya positif di sekolah seperti disiplin positif, motivasi perilaku/ manusia, posisi kontrol guru, pembuatan keyakinan kelas/sekolah dan penerapan segitiga restitusi.
Diharapkan jika seluruh konsep inti tersebut dipahami oleh seluruh warga sekolah, maka akan membangun budaya positif yang baik di lingkungan sekolah.
Tujuan