Lihat ke Halaman Asli

Resi Kartika Prasasti Noer

UIN Maulana Malik Ibrahim,MALANG

Pentingnya Belajar Untuk Pendidikan

Diperbarui: 23 Juni 2021   20:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Memahami Pentingnya Belajar Untuk Pendidikan (unsplash/annie-spratt)

Belajar sangat penting untuk pendidikan dengan kita belajar maka pengetahuan atau ilmu kita akan bertambah. Pendidikan sangat penting untuk kesuksesan agar kita bisa maju dan meraih apa yang kita inginkan nanti dimasa depan.

Belajar memiliki kekuatan untuk mengubah kita menjadi sukses. Pendidikan dan belajar satu paket dimana saling berkaitan untuk menjadikan kita lebih baik dan membuat kita berguna dimasa depan dengan ilmu yang kita dapat sewaktu kita di sekolah atau di kampus dengan belajar melalui guru ataupun dosen yang menjelaskan materi pembelajaran.

Kita juga harus bisa menganggap bahwa belajar itu merupakan suatu kebutuhan yang benar-benar harus dipenuhi. Atau bisa juga belajar itu diibaratkan seperti makan apabila kita tidak makan maka kita akan lapar. Begitu juga dengan belajar, apabila kita tidak belajar maka kita juga akan lapar akan ilmu-ilmu yang ingin kita ketahui. 

Baca juga : Merumuskan Model Kurikulum Darurat Tahun Ajaran 2021/2022

Pendidikan yang kita ketahui sekarang ini adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Tujuan pendidikan yaitu membentuk manusia yang berwatak; mendidik anak-anak agar dapat berpikir secara rasional, bekerja beraturan dan sungguh-sungguh menanamkan rasa persatuan membentuk manusia yang bebas dan merdeka serta percaya diri dan bertanggung jawab;

Baca juga : Ajarkan Anak Tentang Toleransi

membentuk pribadi yang aktif mengabdi dan membangun masyarakat; mengembangkan manusia seutuhnya, yakni yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur serta memiliki pengetahuan yang mumpuni. 

Persamaan antara pendidikan, pembelajaran dan pengajaran. Semuanya akan dapat mencapai tujuan jika pembelajaran bermakna dengan pengajaran yang tepat. Sebaliknya pendidikan tidak akan mencapi tujuan jika pembelajaran tidak bermakna dengan pengajaran yang tidak tepat.

Baca juga : Yuk, Cek Kesiapan Sekolah dan Siswa untuk Tahun Ajaran Baru




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline