Lihat ke Halaman Asli

Resha Aulya

geography

Mal Pelayanan Publik, Solusi Masyarakat yang Inovatif

Diperbarui: 14 Oktober 2024   19:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mal Pelayanan Publik Kota Banjarmasin adalah sebuah inovasi layanan pemerintah yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai macam perizinan dan layanan publik lainnya. Konsepnya mirip dengan sebuah mal, di mana berbagai macam layanan dikumpulkan dalam satu tempat sehingga masyarakat tidak perlu lagi bolak-balik ke berbagai instansi yang berbeda. 

  • Pelayanan Kependudukan: pembuatan KTP, KK, akta kelahiran, dan lain-lain.
  • Perizinan: izin usaha, IMB, dan perizinan lainnya.
  • Pajak: pembayaran pajak kendaraan, pajak bumi dan bangunan, dan lain-lain.
  • Pelayanan Kesehatan: BPJS Kesehatan, dan layanan kesehatan lainnya.
  • Pelayanan Pendidikan: pendaftaran sekolah, dan layanan pendidikan lainnya.
  • Pelayanan Kepolisian: pembuatan SIM, SKCK, dan layanan kepolisian lainnya.

1. Parameter Eksternal

  • Lingkungan :Lokasi Lingkungan MPP Kota Banjarmasin sendiri berada dipusat perbelanjaan Pasar Sidomampir dan juga berada dikawasan ramai penduduk dan jalan yang mudah diakses. Infrastruktur di MPP pun sangat memadai mulai parkir sepeda motor maupun mobil. Kondisi lingkungan di MPP pun bersih dan aman serta aman dari potensi bencana alam.
  • Demografi : Layanan yang disediakan di MPP pun cukup memadai dan sesuai dengan kebutuhan Masyarakat, dari yang lihat saat ditempatkan disana saat magang, MPP sangat memudahkan masyarakat untuk berkonsultasi terkait apapun sesuai kebutuhan masing-masing.

2. Parameter Internal

  • Desain Bangunan : Bangunan MPP sendiri memiliki akses yang mudah untuk para pegawai maupun masyarakat, dan juga untuk penyandang disabilitas. Desain eksterior dan interior pun sangat nyaman, mulai dari tempat antrian, mushola, toilet, dan tempat bermain anak. Ventilasi dan pencahayaan pun sangat memadai, dan juga disediakan alat untuk charging dibeberapa bagian.
  • Fasilitas : Fasilitas yang disediakan di MPP ini terbilang sudah sangat nyaman, mau dari pekerja ataupun masyarakat, Toilet pun bersih dan ada toilet khusus untuk penyandang disabilitas. 
  • Sumber Daya Manusia : Petugas yang bekerja pun sudah sesuai kompetensinya masing-masing, dan juga untuk setiap instansi juga memiliki kompetensi untuk melayani masyarakat. 
  • Manajemen : Sistem pelayanan sendiri sudah sesuai standar masing-masing dari instansi yang tersedia. 

3. Analisis Permintaan

Analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi Fasilitas yang tersedia di MPP Kota Banjarmasin, mengamati interaksi antara pegawai dan masyarakat, dan menilai kesesuaian antara fasilitas yang ada dengan kebutuhan masyarakat. Analisis ini menggunakan metode observasi disaat penulis ditugas kan untuk menjaga loket salah satu instansi. 

Dari Fasilitas yang tersedia sudah bisa dibilang sangat memadai, loket layanan dari berbagai instansi sudah memadai, tempat tunggu yang nyaman dan luas, cafetari, toilet, dan mushola. Dari pengamatan yang telah dilakukan layanan yang paling sering dikunjungi adalah BPJS Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan Kepolisian Resor Kota Banjarmasin. Setiap pelayanan direspon secara cepat hingga walaupun banyak antrian tapi tidak terlalu padat. Dari analisis ini diketahui jika MPP berada diposisi yang strategis, mudah diakses masyarakat, dan tentunya sesuai kebutuhan masyarakat

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline