Lihat ke Halaman Asli

Pemikiran Filsafat Pendidikan Islam Syekh Az-Zarnuji

Diperbarui: 15 April 2020   10:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

   Filsafat Pendidikan Islam adalah studi tentang berbagai masalah yang terkandung dalam ilmu pendidikan berdasarkan Alquran dan  Hadits sebagai sumber primer dan sumber sekunder. 

    Dengan mempelajari filsafat pendidikan Islam yang memiliki arti memasuki pemikiran fundamental, sistematis, logis, dan universal yang berasal dari ajaran Islam. Banyak tokoh-tokoh atau ulama'-ulama' yang pada saat itu mempelajari ilmu filsafat. Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang salah satu tokoh filsafat yaitu Syekh az-Zarnuji.

A. Biografi Syekh az-Zarnuji

    Dari Dr. Muhammad Abdul Qadir Ahmad pernah berkata sedikit buku yang menjelaskan mengenai riwayat hidup tentang Syekh az-Zarnuji. Nama lengkap az-Zarnuji berbeda-beda bergantung siapa yang mengemukakan. Khoeruddin al-Zarkeli menyebut az-Zarnuji yaitu al-Numan bin Ibrahim bin Kholil al-Zarnuji Tajuddin. Karya az-Zarnuji yaitu Ta'lim al-Muta'allim yang menggunakan bahasa Arab. Seiring dengan hal tersebut. Dulu banyak orang Arab yang menyebarkan agama Islam ke berbagai negeri dan menetap di tempat yang mereka singgahi dalam menyebarkan agama Islam.

Mengenai tahun lahirnya ada 3 pendapat yaitu:

  • Meninggal dunia  pada tahun 591 H/ 1195 M.
  • Meninggal dunia pada tahun 840 H/ 1243 M.
  • Masa hidup beliau antara tahun 500-600 M.

Dari perbedaan pendapat, informasi diatas menyatakan kira-kira meninggalnya az-Zarnuji dapat dilihat dari fakta yang menyatakan bahwa az-Zarnuji banyak mencantumkan pendapat dari gurunya yang tercantum pada kitabnya yaitu kitab Ta'lim Muta'allim. 

B. Karya Syekh az-Zarnuji

   Kitab Ta'lim Muta'allim merupakan salah satu karya Syekh az-Zarnuji. Ada penjelasan yang jelas yang dikemukakan oleh Haji Khalifah yang terdapat dalam bukunya yang berjudul Kasyf al-zunun an asamial-kitab al-funun, terdapat penjelasan bahwa kitab Ta'lim Muta'allim adalah salah satu karya Syekh az-Zarnuji. Az-Zarnuji selain itu juga mempunyai karya lain karena beliau telah menekuni di bidang pendidikan. Selama beliau hidup, beliau gunakan untuk pendidikan atau mencari ilmu.

   Ada yang mengatakan bahwa kitab yang lain yang ditulis Syekh az-Zarnuji selain kitab Ta'lim Muta'allim itu sudah musnah akibat tragedi sejarah karena pada saat itu terjadi tragedi yang memiliki tujuan menaklukkan Persia Timur dan kemungkinan karya az-Zarnuji yang lain ikut musnah dan hangus terbakar pada saat penyerbuan Bangsa Mongol yang dipimpin oleh Jenghis Khan dan tinggal kepingannya kecuali kitab Ta'lim Muta'allim sebagai salah satu karya yang masih selamat dan utuh setiap ajarannya.

C. Pemikiran Syekh az-Zarnuji

    Dalam kitab Ta'lim Mutaa'alim Syeh Azzarnuji pernah menyebutkan bahwa metode belajar yang berguna dan sukses adalah dengan memilih ilmu dan guru. Maksudnya dengan memilih ilmu yang berguna bukan ilmu yang baru lahir tetapi ilmu yang bermanfaat meskipun ilmu tersebut sudah lama diterbitkan atau sudah lama dibuat dan memilih guru yang lebih alim, wara', usianya lebih tua dan lebih mengerti tentang masalah agama atau faham terhadap agama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline