Lihat ke Halaman Asli

Apa Sih Tujuan dari Komunikasi Visual?

Diperbarui: 26 Juni 2023   17:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tentunya kita sering banget melihat iklan di televisi ya. ketika melihat iklan mungkin kita tertarik menontonnya. misalnya iklan indomie yang dimana memperlihatkan kenikmatan teksture mie juga konsisten pada rasa ciri khas indomie dengan berbagai macam cita rasa kuliner yang unik dari seluruh daerah Indonesia yang dapat menarik pehatian untuk melihat iklan tersebut. hal itu dibuat sangat tidaklah mudah untuk menarik dan menyampaikan pesan supaya dapat dipahami. sehingga diperlukan ilmu untuk mengkaji lebih dalam lagi dan kreatifitas mengenai hal tersebut bahkan kita sangat perlu untuk memahaminya.

Dan tujuan dari komunikasi visual itu apa ?

Komunikasi visual ini adalah ilmu desain yang mempelajari sebuah konsep komunikasi serta ungkapan kreatif,maupun teknik hingga media yang memanfaatkan rupa untuk menyampaikan suatu pesan dengan tujuan tertentu atau tujuan informasi maupun tujuan persuasi yakni dapat mempengaruhi perilaku.

Ternyata tujuan pokok dari komunikasi visual itu untuk mendapatkan sebuah perhatian juga pesan esensial iklan untuk masuk kedalam ingatan audiens, tentunya visual ini mampu menguatkan bahkan mempertajam konsep kreatifnya. dengan penggunaan sebuah gambar serta kata -kata hanya diperlukan sedikit tetapi harus mempunyai satu makna ataupun hal yang mengesankan. . maka dari itu untuk gambar atau kata-kata harus menggunakan yang bersifat persuasif serta menarik, karena untuk tujuan akhirnya ialah menjual sebuah produk maupun jasa.

hal tersebut tentu untuk menyampaikan pesan serta gagasan yang secara visual hingga mengelola elemen grafis yang seperti bentuk atau gambar, komposisi warna dan juga tatanan hurufnya. bahkan ada beberapa tujuan komunikasi visual yaitu :

1. penyampaian pesan visual untuk orang-orang.

2. untuk mendapat perhatian lewat indra penglihatan.

3. digunakan untuk sarana promosi juga prestasi.

4. bahkan untuk sarana informasi atau instruksi.

Sehingga komunikasi visual alat paling penting dalam menyampaikan pesan atau ide terhadap audiens. Karena komunikasi visual sangat bervariasi akan tetapi tujuan utamanya yaitu menciptakan suatu hubungan yang bermakna anatara pesan dengan audiensnya. Strategi komunikasi visual paling efektif fokus kepada penciptaan respons emosional kuat terhadap pemirsa, sebab mereka tidak hanya memahami pesan yang dimaksud tersebut. Dari dampak emosional bisa memungkinkan orang untuk terhubung dengan yang mereka lihat yang secara visual serta membantu memastikan tujuan komunikasi visual yang dimaksud itu dapat tercapai.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline