Lihat ke Halaman Asli

Repa Kustipia

TERVERIFIKASI

Gastronomist (Gastronome)

Tips Menikmati Secangkir Kopi ala Rumahan yang Berkelas

Diperbarui: 11 Juni 2016   12:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Menikmati secangkir kopi menjadi lifestylekebanyakan orang karena menjamurnya café-café yang menyediakan jenis baverage ini yang bersegmentasi pada prestise seseorang. Dikutip dari buku “Numero Uno Coffee” yang ditulis oleh Tim Barista Anggrek bahwa menyajikan secangkir kopi yang berkelas di rumah sendiri pun bisa dilakukan oleh siapapun untuk menambah variasi dan menghemat anggaran biaya hangout.

Secangkir kopi yang disajikan berasal dari biji kopi yang dipanggang, tentunya kandungan kafein dalam kopi memiliki manfaat salah satunya adalah menambah daya ingat dan memberikan efek rileks pada tubuh, namun konsumsi kopi disarankan tidak berlebihan karena sesuatu yang berlebihan dikonsumsi akan memiliki dampak atau efek samping yang didapatkan nantinya salah satu efek sampingnya adalah kepala menjadi pusing dan mudah cemas.

Untuk menikmati secangkir kopi ala rumahan yang berkelas, ada beberapa tips menjadikan kopi lebih nikmat :

1. Kopi diolah menjadi Espresso Chill

Berbahan sederhana yaitu  dengan mencampurkan : 150 ml air dingin, 2 sdt kopi instan, 2 sdm gula pasir (rendah kalori), dan es batu secukupnya dan dimasukkan ke dalam blender hingga larut, maka tersajilah secangkir kopi nikmat ala café.

2. Kopi untuk secangkir Mincement Coffee

Kopi ini disajikan dengan aneka rempah untuk kekebalan tubuh dan menghangatkan badan. Secangkir Mincement Coffee dapat diolah dengan mencampurkan : 1 batang serai yang dimemarkan, 2 lembar daun pandan, 2 lembar daun jeruk purut, 50 gram jahe, 50 cc santan kelapa (jika ingin   terasa gurih), 2 sdm kopi bubuk dimasukkan ke dalam wajan untuk dimasak dan disajikan selagi hangat.

3. Kopi dengan gaya Irlandia (Irish Coffee)

Minuman Kopi jenis ini terkenal di Irlandia pengganti whiskey,harga kopi jenis ini pun sangat mahal apabila dinikmati di café-café terkenal karena sejarah minuman kopi ini dikenal pada tahun 1942. Tidak usah khawatir, kini secangkir Irish Coffee bisa dinikmati di rumah bersama keluarga atau bersama pasangan. Untuk membuatnya diperlukan : 35 ml air soda, 2 sdt gula pasir, dan 20 gram kopi bubuk yang dicampurkan kemudian diaduk rata, setelah larut whipped cream bisa ditambahkan sebagai toppingnya.

Itulah tips sajian secangkir kopi ala rumahan yang berkelas dengan bahan sederhana dan pastinya terjangkau. Remember, We begin after drinking coffee.

Salam Sehat, 

@repakustipia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline