Lihat ke Halaman Asli

Hacker Kurang Kerjaan Saat UNBK Berlangsung di Hari Ke 4

Diperbarui: 4 April 2017   17:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="tampilan halaman unbk yang dideface sore tadi, dokumen pribadi"][/caption]

Pada saat ujian nasional berbasis komputer (UNBK) berlangsung di hari ke-4, ada sekelompok orang yang tidak puas dengan keberadaan UN (ujian nasional) mereka melakukan tindakan yang tidak tercela yaitu dengan melakukan deface pada halaman web UNBK hal ini terjadi pada waktu jam 15:45, namun hal ini tidak menggangu sedikitpun pelaksaan UNBK sampai selesai karena dalam waktu singkat tim dari posko UNBK dengan sigap mengembalikan tampilan laman web UNBK seperti semula.

Hacker yang melakukan deface pada laman web UNBK ini tidak mengerti bahwa semua data soal tidak berada di laman web UNBK, tetapi sudah berada diserver masing-masing sekolah.

Dasar hacker yang menyatakan bahwa UN merupakan momok bagi peserta UN atau siswa dan dianggap bahwa UN menentukan kelulusan, padahal para digma UN sudah berubah tidak seperti dulu lagi.

Andaikan POSKO UNBK dan pihak terkait yaitu polri bisa menangani hal ini agar kejadian seperti ini tidak terulang dengan menangkap pelakunya dengan tuduhan kejahatan ITE dan membocorkan rahasian negara, tentu akan menjadi pelajaran bagi para pengiat IT yang memanfaatkan ilmunya pada hal yang tidak penting, karena UN merupakan tugas negara.

Hasil UN tidak digunakan untuk penentu kelulusan siswa, namun fungsi UN tetap penting digunakan untuk mengukur kompetensi siswa dan salah satu dasar pertimbangan seleksi ke jejang yang lebih tinggi.

Bagaimana jika pada UN kali ini peserta/siswa lulus tapi nilai UN saya tidak sesuai harapan dan bila ingin masuk perguruan tinggi negeri nilai UN peserta tersebut menjadi pertimbangan, untuk ini siswa tidak perlu panik jika nilai UN jelek yang tertera pada SHUN (Sertifikat Hasil Ujian Nasional) penganti SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional) maka siswa bisa melakukan perbaikan pada waktu dilaksanakan UNP (Ujian Nasional Perbaikan).

UNP mulai dilaksanakan berbasis CBT (Computer Base Test) mulai tahun ini, dan sudah sukses dilaksanakan dibeberapa daerah, dari hasil UNP ini nilai siswa yang tidak sesuai dengan harapan maka bisa diperbaiki, sesuai dengan mata pelajaran yang dirasa nilainya kurang memuaskan, misal siswa nilainya matematika 3 sedang nilai mata pelajaran lain sudah bagus maka siswa bisa mengulang pada pelajaran matematika saja tanpa mengulang pada pelajaran lain.

Dengan UNBK maka kecurangan dan kebocoran soal bisa diminimalisir, adanya anggapan bahwa UNBK juga masih bisa disalah gunakan oleh oknum sekolah tidaklah benar, dengan UNBK yang melakukan login untuk mengerjakan soal adalah siswa jika salah satu ID atau username siswa sudah digunakan maka siswa tersebut praktis tidak bisa lagi login untuk mengerjakan karena satu ID hanya bisa digunakan untuk 1x login pada mapel (mata pelajaran) yang diujikan pada hari itu.

UNBK adalah langkah maju dari kementrian pendidikan dan PUSPENDIK untuk memajukan dunia pendidikan kita, mari kita dukung kesuksesan UNBK ini jangan halangi UNBK dengan hal-hal yang tidak berguna.

Perstasi Penting, Jujur yang utama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline