Lihat ke Halaman Asli

Reny DwiKurniawati

NIM 191910501021

Perencanaan Industri Pertanian, Studi Kasus Tahu Takwa Kediri

Diperbarui: 12 April 2021   21:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Perencanaan Industri Pertanian adalah perencanaan dengan mempertimbangkan dari hulu sampai hilir. Dalam perencanaan Industri pertanian terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan mulai dari penyediaan bahan mentah, proses pengolahan, peralatan yang dipergunakan, sanitasi industry pertanian, spesifikasi produk yang diinginkan, pasar, dan kapasitas produksi. Perencanaan industry pertanian pada kali ini membahas mengenai awal pembuatan bahan olahan sampai pada distribusi produk ke pada masyarakat.

Kota Kediri adalah salah satu Kota di Provinsi Jawa Timur Indonesia dengan luas wilayah 63,40 Km2. Kota Kediri terbelah oleh sungai Brantas sepanjang 7 kilometer yang membentang dari Selatan ke Utara. Berdasarkan BPS (Badan Pusat Statistik) tahun 2020 Jumlah penduduk di Kota Kediri Mencapai 294.950 jiwa. Berdasarkan topografinya Kota Kediri berada di ketinggian rata-rata 67 meter diatas permukaan laut dengan tigkat kemiringan 0-4%. Iklim di Kota kediri berada di musim kemarau pada bulan Mei sampai November dan musim hujan pada pertengahan November sampai Aril dengan bulan basah di Januari.  Berdasarkan geologinya jenis tanah di Kota Kediri adalah alluvial coklat kelabu dan mediteran.

Studi kasus yang akan di bahas kali ini adalah proses pembuatan Tahu Takwa Kediri yang dimulai dari pengolahan kedelai, proses pembuatan menjadi produk tahu, sampai pada distribusi. Sebelum pada proses pengolahan tahu, hal  yang perlukan adalah menyiapkan bahan-bahan. Bahan utama dari tahu adalah kedelai. Kedelai yang digunakan haruslah kedelai dengan kualitas terbaik. Untuk mendapatkan kedelai dengan kualitas terbaik maka harus terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. 

Mulai dari iklim yang cocok dengan suhu optimum 23-270C. Lahan yang baik adalah pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Selajutnya masuk pada pemilihan benih, benih yang dipilih harus dengan kualitas yang baik dan cocok dengan kondisi lahan serta memenuhi standar mutu. Sebelum penanaman benih tanah harus diberi pupuk terlebih dahulu yang disebar secara merata atau dapat juga dimasukkan ke dalam lubang tanam sedalm 5 cm.

Selanjutnya pada proses penanaman kedelai dibuat lubang tanam sedalam 3-4 cm, kemudian diisi benih dan di titup dengan tanah sedikit saja. Selanjutnya adalah proses perawatan dan pemeliharaan  mulai dari pemasangan mulsa untuk mengurangi penguapan, penyulaman untuk mengganti benih yang mati, pengairan, penyiangan dan penggemburan, pemupukan susulan saat tanaman berumur 20-30 hari setelah masa tanam, dan terakhir adalah masa panen kedelai.

Terdapatciri-ciri tanaman kedelai yang siap panen diantaranya adalah polong yang berwarna kuning kecoklatan, daun yang kering dan rontok, dan batang yang sudah mongering. Setelah masa panen selanjutnya adalah pemilihan polong yang sudah masak. Kemudian polong masuk dalam proses pengeringan atau dijemur pada sinar matahari.

Setelah didapatkan kacang kedelai dengan kualitas yang baik selanjutnya adalah proses pembuatan tahu Takwa Kediri. Bahan-bahan yang diperlukan adalah kedelai, garam, kunir, cuka, dan air. Alat yang diperlukan adalah ember, entong, gayung, cetakan, gilingan, saringan, kompor, wajan, pisau dan batu/ alat pengepres. Cara pembuatannya adalah

  • Pilih kedelai dengan Kualitas yang baik
  • Rendam Kedelai kurang lebih 5 jam
  • Cuci kedelai sampai bersih
  • Giling kedelai sampai halus
  • Rebus Kedelai sampai lunak
  • Saring kedelai sedikit-sedikit menggunakan kain
  • Rebus hasil saringan kemudian campur dengan cuka sedikit demi sedikit sampai agak kental
  • Masukkan ke dalam cetakan
  • Beri beban di atasnya
  • Pres dan biarkan sampai 30 menit
  • Potong-potong sesuai dengan cetakan
  • Siapkan kunir lal haluskan dengan dicampur garam
  • Tahu yang telah terpotong dimasukkan ke dalam larutan kunir tadi selama 15 menit
  • Tempatkan wadah, tahu siap dinikmati.

Tahu taqwa merupakan salah satu industry yang berkembang di Kediri yang bergerak di bidang industry tahu dengan penjuaan kurang kebih setiap harinya 4.000 buah tahu. Tidak hanya memproduksi tahu saja, biasanya tahu ini dujual bersamaan dengan produk olahan tahu lainnya, Dilihat berdasarkan harganya. Tahu takwa ini dijual cukup terjangkau mulai dari Rp. 3.000 sampai Rp. 6.000. 

Dalam segi Lokasi Tahu Taqwa Kediri berada di lokasi yang strategis yaitu tersebar di Jl, Yos Sudarso, Jl. Urip Sumohatjo, Jl. Letjen Suparman, dan Jl, Patimura. Dalam pendistribusiannya tahu Taqwa Kediri memiliki dua jenis yaitu distribusi langsung dan tidak langsung. Distribusi langsung yaitu dengan langsung kepada konsumen, distribusi tidak langsung yaitu dengan menggunakan perantara agen / reseller, namun ada juga secara online dan via pemesanan lewat telepon.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline