Lihat ke Halaman Asli

Reny Busy

Penulis

Belanja Mobil Menyenangkan dan Mudah dengan Tips Ini

Diperbarui: 30 September 2021   18:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Beberapa orang tidak tahu kapan harus mempercayai dealer atau kapan mereka ditipu. Tidak mudah untuk mengatakannya, dan para penjual tidak hanya keluar sendiri. Anda harus tahu apa yang Anda lakukan, dan Anda harus siap. Pertimbangkan tips bermanfaat yang akan Anda baca agar Anda lebih siap untuk waktu berikutnya.

Jangan pernah meninggalkan mobil Anda dengan dealer semalaman. Banyak dealer akan menawarkan Anda kesempatan untuk membawa mobil yang Anda pertimbangkan pulang untuk mengujinya lebih lama. Meskipun ini tentu menarik, pada dasarnya berarti mereka diberi kesempatan untuk menyandera mobil yang Anda miliki. Ini membuatnya lebih sulit untuk menjauh dari kesepakatan yang buruk, dan itu tidak menguntungkan Anda.

Sebelum Anda menginjakkan kaki ke dealer, lakukan riset online. Periksa situs web dealer terdekat dan catat harga yang tercantum pada kendaraan yang Anda inginkan, serta penawaran khusus yang mungkin mereka tawarkan. Memiliki informasi ini akan menjadi aset berharga ketika tiba saatnya untuk bernegosiasi dengan seorang salesman.

Mengatur pembiayaan sebelum benar-benar berbelanja untuk kendaraan adalah ide bagus. Anda dapat pergi ke bank untuk mengamankan dana. Hal ini sering dapat menghasilkan suku bunga yang lebih baik. Ini memungkinkan Anda untuk mengunjungi dealer dengan pengetahuan mengetahui jumlah uang yang Anda mampu untuk membeli kendaraan.

Alih-alih terpaku pada pembayaran bulanan, perhatikan harga totalnya. Penjual dapat secara virtual memberikan harga bulanan yang Anda inginkan; namun, harga bulanan yang sangat rendah akan membuat Anda membayar jumlah ini selama bertahun-tahun. Akibatnya, biaya akhir Anda akan sangat tinggi. Sebaliknya, berkonsentrasilah untuk mendapatkan harga pembelian terbaik dan jenis pembiayaan yang tersedia. Setelah Anda melakukan ini, tentukan bagaimana ini akan berlaku untuk Anda setiap bulan.

Berbelanja untuk mobil baru bisa tampak rumit dalam hal harga. Bawa iPad atau ponsel Anda ke dealer. Anda dapat mencari di Internet dan menemukan kalkulator pembayaran mobil yang akan memberi tahu Anda berapa pembayaran Anda nantinya tanpa harus bergantung pada dealer.

Baca semua cetakan kecil yang ada di kontrak untuk mobil yang ingin Anda beli. Bahkan jika menurut Anda penjual mobil itu benar-benar jujur kepada Anda tentang segala hal yang terlibat, Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak menandatangani apa pun yang akan Anda sesali di kemudian hari.

Kunjungi pameran mobil lokal untuk mengetahui lebih lanjut tentang mobil yang tersedia. Pameran mobil adalah tempat terbaik untuk melakukan perbandingan kendaraan secara langsung. Juga, Anda dapat berbicara dengan orang-orang yang tahu barang-barang mereka. Setelah pameran mobil, Anda harus pulang dengan ide yang lebih baik tentang apa yang ingin Anda beli.

Sebelum berbelanja mobil bekas atau baru, periksa anggaran Anda. Anda harus tahu persis apa yang Anda mampu. Hitung jumlah yang dapat Anda belanjakan untuk pembayaran mobil bulanan Anda. Sebelum melihat mobil, Anda mungkin ingin berkeliling untuk mendapatkan pinjaman.

Meskipun Anda mungkin tahu persis apa yang Anda inginkan, Anda mungkin tidak bisa mendapatkannya. Mungkin ada opsi yang ingin Anda miliki yang tidak ditawarkan. Perangkat pemanas yang hilang tidak akan merusak pengalaman berkendara Anda.

Cari tahu berapa biaya untuk mengasuransikan kendaraan tertentu sebelum Anda membelinya. Penanggung mengenakan biaya lebih banyak untuk mengasuransikan mobil sport daripada kendaraan lain. Bahkan warna mobil dapat mempengaruhi biaya asuransi. Untuk menjamin bahwa Anda tidak terkejut setelah Anda membayar mobil, Anda harus melakukan riset.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline