Lihat ke Halaman Asli

Reno Zainudin

Mahasiswa

Problematika Remaja Islam dan Muhasabah Diri di Era Sekarang

Diperbarui: 6 Juli 2023   09:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

remaja pada umunya di tuntut untuk memiliki kepercayaan diri yang tinggi hal ini agar dia bisa menghadapi problmatika dunia yang beranjak dewasa dengan penuh ketegasan dan keberanian dalam mengambil suatu tindakan bagi dirinya yang bisa saja mengarah ke masa depan remaja tersebut, namun yang terjadi adalah kebanyakan remaja sekarang ini kurang memiliki rasa kepercayaan diri, hal ini di sebabkan oleh kurangnya rasa bersyukur dalam diri remaja tersebut.

Kebiasaan seperti selalu membeda bedakan diri dengan hasil atau pencapaian orang lain sering kali di lakukan oleh remaja sekarang ini, serta terlalu sering merasa terpuruk dengan keadaan yang seharusnya bisa di jadikan batu loncatan bagi remaja tersebut untuk bangkit dan maju menjadi lebih baik.

Lalu apa yang di lakukan remaja tersebut untuk mengobati masalah kehilangan percaya diri tersebut, menurut islam kehilangan percaya diri atau insecure yang berlebihan di dasari oleh kurang nya bersyukur atas kenikmatan yang di berikan oleh Allah SWT, sangat banyak hal yang menjadi penyebab rasa kurang bersyukur ini seperti kurang nya pemahaman akan tuntutan ajaran islam mengenai muhasabah atau perbaikan diri, kemudia remaja di era sekarang ini lebih berpatokan kepada media sosial sebagai sumber mencari jalan keluar bagi masalahnya.

Sebagai remaja islam yang secara teoritis memahami konsep islam itu sendiri kita harus tau bagaimana cara mengobati rasa kehilangan kepercayaan dalam diri kita sendiri dengan cara muhassabah diri, dengan melakukan muhassabah diri kita dapat dan mampu memahami diri kita sendiri dengan baik, dan tidak selalu merasa terpuruk dalam sebuah masalah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline