Lihat ke Halaman Asli

RENO

Mahasiswa,korporasi

Dilema Menyikapi Remaja yang Merokok

Diperbarui: 30 Juni 2024   22:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Rokok adalah si kecil berasap dari tembakau yang di bungkus dengan kertas yang mudah di temukan dimanapun karena rokok sudah menjadi konsumsi yang wajib bagi para sebagian masyarakat,dan alkohol siapa juga yang tak tahu ialah minuman keras yang berbahya bagi tubuh jika di konsumsi berlebihan dan akan sangat lebih berbahaya jika sudah kecanduan.

Dalam hal ini Rokok dan alkohol siapa yang tidak tahu dengan dua hal tersebut? ialah dua hal yang paling dilema untuk di konsumsi dalam situasi situasi tertentu,mungkin di zaman sekarang ini khususnya,merokok ialah hal atau aktivitas bagi sebagian besar masyarakst yang tidak bisa di hilangkan dari semua kalangan dari remaja,dewasa hingga orang tua, mungkin di sini  kenapa remaja sudah merokok? Yaa karena perubahan zaman yang sangat pesat dalam teknologi, merokok bagi remaja sudah menjadi hal yang sering di lakukan untuk mencari jatidiri remaja dalam menambah gairah darah muda yang membara meskipun demikian kendati remaja-remaja yang merokok sering di cap budak nakal dan tak sopan,karena selain masih di bawah umur juga remaja belum bisa dan mempunyai panghasilan sendiri dan hak nya dalam merokok tersebut,karena masih tergantung pada orang tua dalam kebutuhan hidupnya.

Dan alkohol ? Ini mungkin sedikit tabu karena alkohol jika di konsumsi berlebih akan memabukan dan merusak kesehatan organ tubuh yang cukup serius dan berbahaya, dalam memvalidasinya bahwa alkohol sangat tabu bagi kalangan remaja sudah sangat lumrah juga ada berita berita tentang remaja yang kecanduan bahkan sampai meninggal karena alkohol sebab komposisi dalam alkohol yang sangat tidak baik bagi kesehatan dan juga mental.

Lagi dan lagi rentanya remaja sekarang dalam lingkungan yang kurang baik dan pengawasan orang tua yang tidak cukup baik dalam mengawasinya,karena remaja sering di hadpakan pada gairah dan rasa ingin tahu yang sangat tinggi dalam memahami dan meraskan sesuatu dan kurangnya edukasi juga dari orang tua dan guru disekolah tentang bahanya dan tabunya alkohkol bagi semua kalangan khusunya remaja.

Mengapa remaja di zaman sekarang bisa mendapatkan kedua hal tersebut sangat mudah? Karena selain mudah gampang di cari di manapun,dari mulai mini market hingga warung warung, kedua hal tersebut bisa terbilang masih mudah di perjual belikan pada setiap kalangan dan tanpa rasa sosial tinggi dari para penjual akan hal buruk rokok dan alkohol bagi remaja sehingga para remaja bisa bebas mendapatka kedua hal tersebut denga sangat mudah dan gampang tanpa adanya larangan dari siapa pun.

Dalam menyikapinya mungkin kepada orang tua dan guru bisa mengedukasi dua hal tersebut sejak dini dan tanamkan rasa keingin tahuan yang positif dalam dua hal ini,bahwasanya kedua hal tersebut ialah hal yang sangat tabu dan tidak relevan jika di lakukan masih remaja karena merugikan diri sendiri dan orang tua yang mendidiknya pasti penuh kecemasan dan kegelisahan terhadap sang anak jika di hadapkan dalam dua hal tersebut, dan juga orang tua atau guru bisa mengedukasi remaja dalam menyikapi hal ini dengan memberitahukan jika masih di bawah umur dua hal tersebut sangat tabu dan tidak dianjurkan untuk di lakuakan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline