Semakin maraknya penggunaan internet benar – benar mengubah kehidupan manusia. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kesadaran tentang peranan teknologi informasi di berbagai tatanan aktifitas manusia sudah semakin meluas keseluruh lapisan masyarakat. Tempat dan jarak yang dulu memisahkan sekarang makin tidak terasa dampaknya karena kita semua bisa terhubung melalui jaringan internet melalui media komunikasi yang ada di genggaman kita yaitu handphone saja kita bisa terhubung dengan siapa saja dan kapan saja dimanapun kita berada. Kemajuan internet sangat mempengaruhi hampir setiap sendi kegiatan operasional di organisasi maupun didunia bisnis, khususnya bisnis UMKM yaitu dalam melakukan promosi produk jualan mereka sehingga bisa dijangkau banyak orang. Diera digital sekarang ini UMKM dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan salah satunya dengan menciptakan promosi melalui media digital dan website merupakan salah satu media digital yang dapat digunakan sebagai sarana promosi.
Kemajuan di bidang teknologi, komputer, dan telekomunikasi mendukung perkembangan teknologi internet. Dengan internet pelaku bisnis dapat memnafaatkannya untuk menunjang aktivitas bisnisnya yang antara lain adalah sebagai media promosi. Dengan pemanfaatan dan penggunaan teknologi internet diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar terhadap dunia bisnis khususnya para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
Melihat kenyataan tersebut, maka penerapan internet merupakan salah satu faktor yang penting untuk menunjang keberhasilan suatu produk dari sebuah perusahaan. Untuk mempercepat dan meningkatkan penjualan maka dengan melihat perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat tersebut kita dapat memanfaatkan sebagai media promosi secara online. Salah satu faktor penting yang akan menentukan daya saing UMKM adalah penggunaan teknologi informasi (TI). Diera digital sekarang ini UMKM dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan salah satunya dengan menciptakan promosi melalui media digital dan website merupakan salah satu media digital yang dapat digunakan sebagai sarana promosi. Oleh karena itu sarana teknologi informasi berbasis website diharapkan sebagai media penunjang promosi dan penjualan, sarana marketing efektif, membangun branding serta mempermudah penyampaian informasi-informasi kepada masyarakat mengenai produk-produk yang dihasilkan
Sebelum menerapkannya kedalam sebuah media berupa websit, dilakukanya sebuah metode penelitian yang digunakan dalam pembuatan website ini metode yang digunakan yaitu metode observasi dimana itu dilakukan dalam bentuk pengamatan langsung terhadap lingkungan tempat bisnis UMKM Kini Cheesea Tea Metode tersebut dibangun. Serta juga menggunakan metode wawancara yaitu dengan melakukan tanya jawab dengan pemilik bisnis UMKM Kini Cheese Tea Politeknik tentang bagaimana mereka melakukan promosi prouduk jualan mereka agar bisa di kenal banyak orang dan cara – cara seperti apa yang mereka biasa lakukan. Berdasarkan hasil uraian tersebut maka langkah atau tahap selanjutnya mencoba untuk mendeskripsikan bahwa salah satu cara memanfaatkan perkembangan teknologi informasi saat ini yaitu dengan mengmbangkan website promosi ini. Agar usaha kreatif masyarakat dapat dikenal luas maka diperlukan sebuah media dalam mempromosikan usaha kreatifnya khususnya untuk UMKM Kini Chesee tea politeknik.
Sehingga kami memberikan penawaran untuk membuatkan sebuah halaman website promosi dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML dan java script. Serta mendesign menggunakan framework CSS yaitu Bootstrap. Diharapkan dengan dibuatkannya halaman website promosi ini informasi yang ingin disampaikan bisa tersampaikan dengan baik dan juga bisa dijangkau oleh siapa saj tentunya agar supaya UMKM Kini Chesee tea politeknik ini lebih dikenal lagi oleh banyak orang dan tentunya membuat mereka tertarik untuk membelinya. Dengan perkembangan teknologi informasi menyebabkan bermunculannya media informasi yang saat ini membentuk suatu lubang baru yang sangat efektif untuk dimanfaatkan dalam membangun jaringan atau memperluas pasar.
Pengembangan website ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan tentunya. Tahap awal (1), tahap tengah (2), dan tahap akhir (3). Tahap awal sendiri merupakan tahap persiapan termasuk didalamnya penggalian kebutuhan pengguna, pengambilan data, pembuatan prototype website. Sedangkan tahap tengah merupakan tahap perancangan system yang nanti diterapkan kedalam website. Pada tahap tengah hasil penggalian kebutuhan dan pembuatan website dan hosting website agar bisa diakses secara publik.
Setelah merancangkan sistemnya tahapan selanjutnya adalah membangun website dengan menyesuaikan desain sistem yang disepakati. Gambar 2 merupakan hasil tangkapan layar website halaman yang telah selesai dikembangkan. Website yang telah dikembangkan kemudian dihosting agar website dapat digunakan oleh mitra dan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas mitra. Halaman website dapat diakses pada https://kinicheeseteapoliteknik.000webhostapp.com/ . Dibawah ini adalah tampilan halaman Home website Kini Cheesea Tea.
Dapat dismpulkan bahwa dalam pembuatan website ini merupakan suatu yang sangat bermanfaat dimana website ini bisa digunakan untuk memperluas dan mempermudah mitra dalam mempromosikan dan memasarkan produk UMKM Kini Chesee tea yang berupa olahan minuman boba tea dan cheese ini. Selain daripada itu ini juga dilakukan agar supaya produk tersebut bisa ditemukan dan di akses siapa saja dimana saja dan kemampuan mitra dalam memanfaatkan internet sebagai media promosinya. Pembuatan sebuah website sebagai media promosi tidak hany digunakan atau di terapkan di UMKM Kini cheese tea, akan tetapi di UMKM dimana saja dengan merancangkan systemnya sebaik mungkin tentunya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H