Indonesia nomer empat pengguna Instagram. Penyedia platform influencer marketing Famous Allstars atau FAS memperkirakan, nilai pasar industri konten kreator (content creator) di Indonesia bisa mencapai Rp 4 triliun hingga Rp 7 triliun. Nilainya akan meningkat lima kali lipat pada 2027.
Ratusan juta pengguna internet di Indonesia juga paling banyak menggunakan YouTube. Sedangkan konten yang dicari yakni film, musik, olahraga, kuliner, dan tutorial bermain game online.
Di zaman sekarang, melihat seseorang membuat video di YouTube, atau posting foto di feed Instagram sepertinya bukanlah hal yang asing lagi. Bisa dikatakan, mereka merupakan konten kreator. Nantinya, beragam foto maupun video yang telah dibuat tersebut akan di sebar ke berbagai platform media yang tersedia.
Pekerjaan yang satu ini memang kerap digandrungi banyak individu, pasalnya sekarang ini, konten kreator dianggap sebagai sesuatu yang penting, termasuk oleh perusahaan-perusahaan besar.
Lantas, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang konten kreator? Berikut ini kunci suksesnya yang perlu diketahui.
1. Aktif Memposting di Media Sosial
Aktif artinya rutin memposting di media sosial seperti Instagram. Minimal membuat posting dua hari sekali. Pengguna juga harus aktif berkomentar dan membalas komentar.
Konsistensi memang terdengar gampang tetapi sulit untuk dilakukan. Akan ada banyak alasan untuk tidak berkreasi, misalnya smartphonenya yang tidak support, mager, tidak ada lokasi yang bagus buat hunting , tidak ada kamera, dan seuta alasan lain. akan tetapi kalau kreatif, pasti orang menemukan hal-hal yang menarik di sekitarnya dengan memaksimalkan gera yang dipunya.
Untuk hasil foto dari kamera ponsel harus real dan kreatif.
Media sosial Instagram banyak dipilih untuk sebagai konten creator karena memiliki banyak fitur yang menarik. Selain itu, sangat mudah untuk menghubungkan pesan-pesan yang ingin disampaikan melalui foto atau video
2. Buatlah Konten Yang Berimbas Buat Orang Lain