Lihat ke Halaman Asli

renjana sekar

Mahasiswa

Alat Spektrofotometri UV-VIS dan Syarat Pengukuran

Diperbarui: 8 September 2024   21:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber. Suhartati, 2017

Alat Spektofotometri UV-VIS

Gambar diatas adalah  rangkaian alat pada spektrofotometri UV-Vis. Berikut adalah penjelasan dari komponen-komponen yang ada pada gambar tersebut:

1.Sumber Cahaya Polikromatis

Merupakan sumber cahaya yang mengeluarkan cahaya dengan panjang gelombang yang bervariasi (polikromatis). Pada spektrofotometri UV-Vis, biasanya digunakan lampu deuterium untuk rentang UV (200-400 nm) dan lampu tungsten untuk rentang visibel (400-700 nm).

2. Slit atau Pintu Masuk

Berfungsi untuk membatasi jumlah cahaya yang masuk ke dalam sistem, sehingga hanya sebagian kecil dari cahaya yang dihasilkan oleh sumber cahaya yang diteruskan ke sistem.

3. Monokromator (Pendispersi atau Penyebar Cahaya)

Alat yang memisahkan cahaya polikromatis menjadi cahaya monokromatis (dengan panjang gelombang tertentu) melalui prisma atau kisi difraksi. Cahaya yang dihasilkan adalah cahaya dengan panjang gelombang spesifik yang kemudian akan digunakan untuk menganalisis sampel.

4. Slit atau Pintu Keluar

Berfungsi untuk memilih panjang gelombang yang akan diteruskan ke sampel, membatasi cahaya yang telah dipecah oleh monokromator, dan memastikan hanya cahaya dengan panjang gelombang tertentu yang diteruskan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline