Lihat ke Halaman Asli

Reni Zahrotul Badiah

Guru TK PGRI KETANEN PANCENG GRESIK

Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Media Kartu Angka Bergambar pada Anak Kelompok B Di TK PGRI Ketanen Panceng Gresik TAPEL 2022/

Diperbarui: 5 Februari 2024   20:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi siklus 2

Full Text : https://drive.google.com/file/d/1IfgMvKJWttbS3bqqLnvpkOkEKs8oKeNZ/view?usp=sharing

Kecerdasan matematis merupakan jenis kecerdasan yang dibutuhkan manusia dalam menjalankan kehidupannya sehari -- hari. Salah satu permainan matematika berhubungan dengan bagaimana memahami angka. Namun untuk kemampuan mengenal lambang bilangan di TK PGRI Ketanen masih rendah, hal ini dikarenakan anak kurang antusias saat mengikuti pelajaran karena merasa bosan dengan pembelajaran yang kurang menarik karena media yang sering digunakan guru adalah papan tulis dan buku paket sehingga anak mengalami kesulitan mengenal lambang bilangan.

Telah dilakukan penelitian tentang Peningkatan  Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka Bergambar Pada Anak Kelompok B Di TK PGRI Ketanen Panceng Gresik Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 12 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.

Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui adanaya peningkatan yang signifiakn. Hal ini dibuktikan dengan penilaian kemampuan dari hasil pratindakan menyebutkan angka 1-20 dari  60,4 meningkat pada Siklus I menjadi 83,3 dan pada Siklus II meningkat menjadi 100. Untuk menghubungkan jumlah gambar dengan angka 1-20 pada pratindakan 56,3 meningkat pada Siklus I menjadi 72,9 dan pada Siklus II meningkat menjadi 93,5. Untuk menulis angka 120 meningkat dari 58,3 pada Siklus I menjadi 72,9 dan pada Siklus II meningkat menjadi 95,8. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu angka bergambar terbukti dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan 1-20.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline