Lihat ke Halaman Asli

Reni Zahrotul Badiah

Guru TK PGRI KETANEN PANCENG GRESIK

Peningkatan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia 5 - 6 Tahun melalui Penggunaan Kartu Kata Bergambar Berbasis PjBL

Diperbarui: 2 Februari 2024   23:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kegiatan Aksi 2 Reni /dok. pri

RINGKASAN ( STAR)

Berdasarkan hasil pengamatan yang di lakukan di TK PGRI Ketanen Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik pada anak kelompok B dalam kegiatan mengenal  dan membedakan kata yang di awali dengan suku kata "ba" dan "da" , Terdapat 6 anak dari 11 anak kelompok B yang masih kesulitan dalam membedakan suku kata "ba" dan "da". Adapun penyebabnya adalah Guru masih kesulitan dalam menerapkan metode yang menarik minat anak, Media yang di gunakan kurang efektif hanya menggunakan LKA, belum menggunakan media yang lebih menarik baik itu  APE atau media IT yang menarik bagi anak Peran dan tanggung jawab saya sebagai guru di TK PGRI Ketanen Panceng Gresik dalam praktik pembelajaran adalah berusaha untuk memecahkan permasalahan yang  terjadi. Saya sebagai mahasiswa PPG Daljab juga bertanggung jawab untuk membagikan praktik baik yang saya lakukan.

Setelah dilakukan identifikasi masalah maka tantangan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran adalah Guru masih kesulitan dalam menerapkan metode yang menarik minat anak, Media yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran bersifat monoton tidak bervariasi, Anak -- anak hanya di ajak mengenal kata yang ada di buku. Selain itu juga terdapat tantangan Ketika inovasi pembelajaran di laksanakan antara lain: Terdapat anak yang masih bingung membedakan suku kata "ba" dan "da" dan kesulitan dalam  mencari kata yang di awali dengan suku kata "ba" dan "da". Yang terlibat dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL ) ini adalah dosen pembimbing, guru pamong, Seluruh Guru TK PGRI Ketanen Panceng Gresik yang senantiasa membantu dalam proses pembelajaran, Anak didik TK PGRI Ketanen Panceng Gresik.

Untuk menghadapi tantangan yang ada tersebut guru mencari kajian literatur yang sesuai dengan permasalahan yang terjadi, juga melakukan wawancara dengan teman sejawat yaitu guru kelompok A dan B, dan pakar yaitu pengawas TK. Adapun langkah - langkah yang di lakukan untuk menghadapi tantangan yang terjadi pada waktu  proses pembelajaran yaitu guru menggunakan berbagai macam media yang menarik bagi anak dan menggunakan metode yang tepat. Adapun langkah - langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan ketika inovasi pembelajaran di laksanakan adalah menjelaskan dan menunjukkan kembali kartu kata yang di awali dengan suku kata "ba" dan "da" dan menunjukkan kartu suku kata yang sesuai dan meminta anak untuk melakukannya kemabli. Strategi yang digunakan adalah bermain Kartu Kata Bergambar dan menggunakan metode Project Based Learning dengan menggunakan berbagai macam bahan. Strategi ini di pilih karena memberi kesempatan pada anak untuk berekspresi dan bereksplorasi sesuai dengan kreativitasnya. Berbagai macam bahan yang di pilih dari bahan alam juga banyak dan mudah di temui di lingkungan sekitar anak. Materi yang di perlukan untuk melakukan strategi ini adalah menyiapkan modul ajar ,alat dan bahan yang akan di gunakan dalam pembelajaran

Dampak dari aksi yang dilakukan adalah anak lebih bersemangat dan tidak mudah bosan untuk menerima pembelajaran yang diberikan sehingga kemampuan anak bisa berkembang secara optimal, Dengan menggunakan berbagai media seperti video pembelajaran , kartu kata bergambar dan bahan -- bahan alam yang dekat dengan anak dalam pembelajaran terdapat peningkatan aspek perkembangan Bahasa. 

Terbukti dengan hasil yang dicapai yaitu 8 dari 10 anak sudah mampu mengenal dan membedakan juga mencari kata yang di awali suku kata "ba" dan "da" juga mampu mengambil suku kata yang sesuai dengan kartu kata bergambar. Adapun respon yang diberikan teman sejawat sangat baik dan mendukung. Yang menjadikan faktor keberhasilan dari kegiatan ini adalah Media pembelajaran yang digunakan menarik sehingga mudah dipahami, Kegiatan pembelajaran yang sangat menyenangkan, Metode yang digunakan sudah tepat, Dukungan dari teman sejawat, Bimbingan dan arahan dari dosen pembimbing dan guru pamong. Dari keseluruhan kegiatan dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini saya sebagai penulis sangat banyak mendapatkan pembelajaran

Full Text:

https://drive.google.com/file/d/1CpgYccxKVXMaEokApADE7b2VAxAYYaDd/view?usp=drive_link




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline