Lihat ke Halaman Asli

Reni D. Octaviani

Dosen (DOyan SENyum, bisa juga DOyan SENdirian, tapi tidak DOyan SENsasi ;)

Yuk Selesaikan Skripsi dengan Tips Berikut (part 1)

Diperbarui: 12 Mei 2023   19:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hai, para mahasiswa! Apakah kamu siap untuk menghadapi tantangan menulis skripsi? Mungkin terlihat menakutkan, tetapi dengan perencanaan yang matang dan sedikit kreativitas, kamu dapat membuat skripsi kamu selesai tepat waktu dan bermanfaat. Sebagai seorang dosen, saya dengan senang hati akan memberikan beberapa tips tentang cara membuat dan menyelesaikan skripsi.

Berikut ini adalah saran-saran saya:

1. Mulailah dengan memilih topik yang membuat kamu tertarik. Ini bisa berupa sesuatu yang selalu kamu sukai, atau bidang penelitian yang kamu minati. Apa pun itu, pastikan topik tersebut adalah sesuatu yang membuat kamu merasa antusias, karena energi itu akan muncul dalam tulisanmu. Selain dari minat, tema juga bisa ditemukan dari hasil diskusi dengan dosen pembimbing atau dari membaca berbagai jurnal yang memiliki tema yang sesuai.

2. Next yang harus diperhatikan adalah pedoman penulisan skripsi yang berlaku di kampus kamu. Pastikan kamu membaca dan memahami dengan saksama pedoman yang diberikan oleh institusi atau kampus kamu dalam hal untuk penulisan skripsi. Pedoman ini dapat mencakup format, struktur, ukuran huruf, gaya kutipan, dan lain-lain.

3. Berikutnya apa lagi? Ya tentunya mulai menulis. Sebelum menulis penting untuk memerhatikan struktur penulisan yang berlaku di kampus kamu. Pada umumnya struktur skripsi terdiri dari; Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Metodologi, Pembahasan, dan Penutupan yang terdiri kesimpulan dan saran.

  • Mari kita mulai dengan pendahuluan.
    Bagaimana membuat pendahuluan? Dalam pendahuluan, kamu harus mulai dengan memperkenalkan topik penelitian kamu dan menjelaskan mengapa topik tersebut penting atau relevan. Hal ini dapat dilakukan dengan menjabarkan latar belakang topik, mengidentifikasi kesenjangan dalam penelitian yang sudah ada, atau menyoroti masalah atau pertanyaan yang ingin kamu jawab melalui penelitian tersebut. Pendahuluan juga harus menyertakan pernyataan yang jelas tentang pertanyaan penelitian. Pernyataan ini membantu pembaca memahami fokus penelitian dan bagaimana penelitian tersebut sesuai dengan konteks yang lebih luas. Secara keseluruhan, pendahuluan adalah kesempatan kamu untuk menarik perhatian pembaca dan memberikan gambaran tentang apa yang dapat mereka harapkan dari skripsi Anda.
  • Berikutnya adalah membuat tinjauan pustaka.
    Tinjauan pustaka harus memberikan gambaran umum tentang penelitian kamu, di mana kamu akan merangkum dan menganalisis penelitian-penelitian yang sudah pernah ada sebelumnya, tentunya yang sesuai dengan topik kamu. Dalam tinjauan pustaka, kamu harus melakukan pencarian komprehensif untuk studi dan penelitian yang relevan, dalam arti lain harus banyak membaca jurnal-jurnal yang sebelumnya terkait dengan tema skripsi kamu. Pastikan bahwa kamu menggunakan sumber atau referensi yang kredibel. Setelah itu menganalisis penelitian yang sudah ada tentang topik kamu, menyoroti temuan-temuan utama dan kesenjangan yang akan dibahas dalam penelitian kamu dan tentunya kamu juga harus mengorganisir tinjauan pustaka dengan cara yang logis dan koheren.
  • Selanjutnya adalah membuat metodologi.
    Bagian metodologi skripsi harus menjelaskan metode dan teknik penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Dalam metodologi kamu harus memberikan gambaran umum yang jelas dan ringkas tentang desain dan pendekatan penelitianmu. Kamu juga perlu menjelaskan prosedur yang kamu gunakan untuk mengumpulkan data, seperti survei, wawancara, atau eksperimen. Selanjutnya kamu juga perlu menjelaskan teknik analisis data yang kamu gunakan untuk menganalisis data.
  • Setelah menentukan metodologi dan menyebarkan data serta mengolah data, maka yang berikutnya adalah pembahasan yaitu mendiskusikan hasil dari olah data. Berikut adalah beberapa tips untuk menulis bagian pembahasan yang efektif:
    - Mulailah dengan menyajikan temuan kamu dengan jelas dan ringkas.
    - Analisis temuanmu dalam konteks literatur yang ada, mengidentifikasi pola atau hubungan apa pun.
    - Diskusikan implikasi dari temuan secara teori dan praktik.
    - Sajikan temuanmu dengan jelas dan ringkas
    - Analisis temuanmu dalam konteks pertanyaan penelitian Anda
    - Gunakan tabel dan grafik untuk menyajikan data Anda
  • Terakhir adalah penutup yang biasanya terdiri dari kesimpulan dan saran.
    Bagian kesimpulan dan saran dari skripsi harus merangkum hasil temuan dan memberikan rekomendasi untuk penelitian di masa depan. Berikut adalah beberapa tips untuk menulis bagian kesimpulan dan saran yang efektif:
    - Rangkum temuan utama dari penelitian kamu.
    - Soroti pentingnya penelitian kamu dan kontribusinya terhadap bidang tersebut.
    - Berikan saran untuk penelitian di masa depan, dengan menyoroti jalan potensial untuk eksplorasi lebih lanjut.
    - Akhiri dengan pernyataan penutup yang kuat yang meninggalkan kesan mendalam bagi pembaca Anda.

4. Selain tips menulis di atas, ada hal lain yang harus diperhatikan ketika kamu sedang membuat skripsi, diantaranya

  • Tetapkan waktu khusus untuk menulis
  • Buatlah timeline agar waktu mengerjakan skripsi bisa terukur dan menghindari stres juga terburu-buru di menit-menit terakhir.
  • Rapikanlah sumber-sumber referensi atau files skripsi kamu di folder khusus
  • Dalam penulisan skripsi, gunakan bahasa yang jelas dan ringkas serta hindari jargon.
  • Edit dan periksa skripsi kamu dengan cermat untuk menghindari kesalahan.
  • Mintalah umpan balik alias masukan-masukan dari pembimbing dan teman kamu.
  • Jangan lupa banyak berdoa 

Demikian tips dari saya. Namun perlu diingat bahwa setiap dosen pembimbing pasti mempunyai gaya dan arahan yang berbeda. Mungkin apa yang saya sampaikan sedikit berbeda dengan dosen lain. Oleh karena itu, jangan lupa untuk rajin konsultasi dan menjaga komunikasi dengan dosen pembimbing kamu.

Good luck yaaaaaaaaa




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline