Lihat ke Halaman Asli

Reni D. Octaviani

Dosen (DOyan SENyum, bisa juga DOyan SENdirian, tapi tidak DOyan SENsasi ;)

Tips Wisata Aman, Nyaman, dan Menyenangkan Selama Libur Lebaran

Diperbarui: 21 April 2023   12:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tradisi. Sumber ilustrasi: UNSPLASH

Liburan selama Lebaran adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, saatnya untuk beristirahat sejenak dari rutinitas sehari-hari dan menikmati waktu bersama keluarga atau teman-teman untuk merayakan hari kemenangan. Biasanya, momen ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berlibur ke berbagai tempat wisata.

Namun, perlu diingat bahwa perjalanan selama Lebaran juga memiliki risiko tertentu, seperti kemacetan, kepadatan tempat wisata, atau bahkan terjadi insiden yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips wisata selama Lebaran yang dapat membantu kamu menikmati perjalanan dengan aman, nyaman, dan menyenangkan:

  • Persiapkan semuanya dengan matang.
    Sebelum memulai perjalanan, pastikan kamu sudah merencanakan liburanmu dan melakukan persiapan yang matang. Tentukan destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi, waktu keberangkatan, akomodasi, dan semua yang diperlukan. Ketika hendak berangkat, cek kembali barang bawaan, tiket, hotel, dan semua yang diperlukan. Jika memungkinkan, buatlah daftar barang bawaan dan keperluan lainnya untuk menghindari kelebihan beban.
  • Pilih destinasi wisata yang tepat
    Selama musim Lebaran, tempat wisata biasanya akan sangat ramai dan padat. Oleh karena itu, pilihlah destinasi wisata yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhanmu. Jika kamu ingin menghindari kerumunan, pilihlah tempat wisata yang kurang populer atau kunjungi pada hari yang tidak terlalu ramai. Jangan memilih destinasi wisata yang terlalu jauh atau membutuhkan waktu perjalanan yang lama jika kamu memiliki keterbatasan waktu. Pastikan juga destinasi wisata yang kamu pilih sesuai dengan anggaranmu
  • Siapkan kendaraan yang aman dan nyaman
    Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian, pastikan kendaraanmu dalam kondisi baik dan aman. Periksa rem, ban, oli, bensin, dan segala sesuatunya. Selain itu, pastikan juga kamu membawa alat pengaman seperti kunci roda dan segitiga pengaman.
  • Cari informasi tentang lokasi wisata
    Sebelum memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata, pastikan kamu sudah mencari informasi terkait jam buka, cara membeli tiket (mengingat sekarang sudah mulai banyak tempat wisata yang menjual tiket secara online), harga tiket, dan lokasi wisata. Cari juga informasi terkait fasilitas yang disediakan, seperti toilet, tempat istirahat, dan tempat parkir.
  • Bawa perbekalan yang cukup
    Selama perjalanan, pastikan kamu membawa perbekalan yang cukup dan sesuai dengan kebutuhanmu. Bawa juga air minum, makanan ringan, alat sholat bagi wanita, dan obat-obatan yang mungkin diperlukan. Jangan lupa untuk membawa sunblock atau tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.
  • Persiapkan barang bawaan dengan matang
    Bawa barang bawaan yang cukup dan sesuai dengan kebutuhanmu selama liburan. Jangan membawa barang yang tidak perlu dan membebani perjalananmu. Pastikan kamu membawa obat-obatan yang diperlukan, seperti obat pusing, obat alergi, atau obat sakit perut. Selalu siapkan juga p3k jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa properti untuk selfie-selfie, seperti kacamata, topi, make up untuk touch up tipis-tipis bagi para ladies.
  • Patuhi aturan di tempat wisata
    Selama berkunjung ke tempat wisata, pastikan kamu mematuhi semua aturan yang ada. Jangan membuang sampah sembarangan, merusak keindahan alam, atau melakukan tindakan yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Jangan pula memasuki area yang dilarang dan patuhi semua petunjuk yang ada.
  • Istirahat cukup dan nikmati perjalananmu
    Jangan terlalu memaksakan diri dan mengabaikan kebutuhan fisikmu. Sebab, kamu akan butuh energi yang cukup untuk menikmati perjalanan. Istirahatlah secukupnya dan nikmati perjalananmu dengan sepenuh hati. 

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa lakukan jika ingin wisatamu aman, nyaman, dan menyenangkan. Semoga bisa membuat liburanmu jadi tidak terlupakan.

Have fun guys!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline