Lihat ke Halaman Asli

Reni D. Octaviani

Dosen (DOyan SENyum, bisa juga DOyan SENdirian, tapi tidak DOyan SENsasi ;)

Work-life Balance (Part 1)

Diperbarui: 16 April 2023   01:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kamu seorang karyawan? saya juga :) Sebagai seorang karyawan, tentunya kita punya harapan untuk memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi yang memungkinkan kita untuk memenuhi tanggung jawab profesional tanpa mengorbankan kehidupan pribadi kita. Bukan begitu? 

Ini berarti bahwa kita memiliki batasan yang jelas antara waktu kerja dan waktu pribadi. Bahwa kita memiliki jam kerja yang wajar, dan waktu cuti yang cukup untuk memulihkan tenaga. Ini adalah istilah yang kita kenal dengan work-life balance.

Pada dasarnya, work-life balance itu adalah tentang menjaga keseimbangan antara kerjaan dan kehidupan pribadi kita. Kita harus bisa mengatur jadwal kita dengan baik supaya kita bisa fokus saat kerja, tapi juga punya waktu yang cukup untuk istirahat dan melakukan hal-hal yang kita suka. 

Jadi, kalau kita mau tetap produktif dan bahagia, penting banget buat memprioritaskan keseimbangan antara kerja dan kehidupan pribadi kita.

Jika tidak ada keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, hal ini dapat berdampak negatif pada kehidupan pribadi dan profesional kita. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan, peningkatan stres, dan kesulitan menjaga hubungan di luar pekerjaan. 

Hal ini juga dapat berdampak pada performa kerja kita, yang mengakibatkan penurunan produktivitas, peningkatan ketidakhadiran, dan berkurangnya kepuasan kerja.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa menerapkan work-life balance dalam kehidupan kita? ini saya kasih tips buat kamu ya.. 

Pertama kita harus buat buat batasan yang jelas
Kamu harus nentuin batas waktu yang jelas antara kerjaan dan waktu  pribadi. Kamu bisa atur jadwal khusus buat kerjaan dan waktu santai, dan usahain banget untuk nggak gangguin waktu santai kamu dengan kerjaan. 

Misalnya, jangan ngecek email atau pesan yang berhubungan sama kerjaan di luar jam kerja. Kamu harus tetap menjaga keseimbangan antara kerja dan waktu pribadi biar nggak terlalu stres atau kelelahan.

Next, jangan lupa memprioritaskan “perawatan diri”
Jaga dirimu, guys! Jangan lupa untuk mengurus kesehatan fisik dan emosionalmu. Pastikan kamu berolahraga secara teratur, makan makanan yang sehat, dan tidur yang cukup. 

Selain itu, luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai dan bisa bikin kamu merasa rileks, seperti nonton filemnya Oppa Gong Yo alias K-Drama, bermeditasi, atau sekedar jalan-jalan di mall. Dengan merawat diri dengan baik, kamu akan lebih siap menghadapi segala macam tantangan hidup.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline