Lihat ke Halaman Asli

Kucing, Terapi Simpel untuk Stres dan Lelah

Diperbarui: 18 Juni 2015   00:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Dulu setiap pulang kuliah sampainya di rumah langsung merebah di kasur karena capek harus oper angkutan umum berkali-kali, ditambah dengan banyaknya tugas kuliah yang menanti. Nonton televisi bosan karena disana-sini isinya sinetron. Giliran masuk kamar dan mendengarkan musik, mata langsung gak bisa melek dan alhasil gak jadi ngerjain tugas.

Sampai suatu hari ayah beliin sepasang kitten ras umur 3 bulan. Sejak ada mereka di rumah, tiap pulang kuliah rasa stres dan capek langsung hilang karena melihat tingkah polah mereka yang lucu ditambah bentuk badan tubuh dan wajah mereka yang bikin gemes.

Kalau selama ini ada yang merasa stres atau capek bahkan penat, bisa dicoba memelihara hewan lucu berbulu seperti kucing. Menurut Dr Carol Gamez, seorang dokter hewan di Georgetown Veterinary Hospital, kucing dapat menghibur kita karena mereka dapat merespon saat kita memanggil namanya, juga saat kita memberikan sentuhan pada mereka.

Jadi jangan pernah meremehkan perasaan stres yang kita alami. Kenapa?

Karena biasanya  kita berpikiran bahwa stres tampak seperti hal yang sering kita rasakan saat kita mengalami hal-hal yang membuat kita berpikir secara berat.  Namun bila seseorang dalam kondisi stres dan merasakan cemas secara berlebih maka hal tersebut akan menurunkan tingkat kesehatan. Penelitian yang dilakukan Dr Adnan Qureshi, dikutip dari U.S. News World and Report melaporkan bahwa banyak penelitian bertahun-tahun menunjukkan hubungan erat antara stres psikologi dan kesehatan sistem kardiovaskular, khususnya serangan jantung.

Kalau ingin mencoba terapi simpel diatas tidak perlu membeli kucing yang mahal, silahkan dicoba dengan mengadopsi kucing domestik atau yang biasa kita sebut dengan kucing kampung. Mereka tidak akan kalah lucu dan menggemaskan bila kita sayang dan dirawat dengan baik.

Selamat tinggal stres.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline