Lihat ke Halaman Asli

Reni Anggraeni

Communication Studies '21

Mengenal Peri Jurnalis Najwa Shihab, Perempuan Berdaya Inspiratif Masa Kini

Diperbarui: 26 September 2022   15:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: CNN Indonesia

Najwa Shihab atau yang sering dipanggil nana ini merupakan seorang presenter yang mengawali karir sebagai jurnalis berita, sosoknya dikenal sebagai perempuan lugas,kritis, cerdas dan pemberani sebab keberaniannya dalam mengungkap rahasia pemerintah dan skandal elit para politikus terlebih menyoal kasus korupsi. Kecerdasanya dalam berpikir dan ketajamannya dalam mengangkat ragam topik yang menjadi polemik  di masyarakat, menjadikan beliau sebagai sosok inspiratif bagi kalangan muda masa kini.

Najwa Shihab merupakan alumni Fakultas Hukum UI angkatan 1996. Perempuan kelahiran Makassar ini mengawali karier jurnalisnya di stasiun televisi RCTI pada tahun 2001, kemudian ia bergabung dengan Metro TV sebagai reporter. Pada 2005 ia pernah memperoleh penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia berkat liputannya terkait bencana tsunami yang terjadi di Aceh. Ia berani melaporkan keadaan di Aceh dengan tegas meski yang dianggap paling bertanggung jawab adalah Menko Kesra saat itu yang dijabat Alwi Shihab, pamannya sendiri.

 

Nama Najwa Shihab mulai dikenal luas setelah dia memandu program Mata Najwa, program yang menyuguhkan konsep talkshow  yang mampu menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan, terlebih kebanyakan berasal dari kalangan elit politik. Program Mata Najwa sendiri merupakan program talkshow yang sering memuat tayangan investigasi yang menyangkut kebijakan, politik dan hukum di Indonesia serta membongkar berbagai skandal para politisi, program ini dianggap masyarakat sebagai pengadilan ruang publik yang efektif dalam menghakimi para politisi.

Saat ini ia mengembangkan start up Narasi yang didirikanya pada tahun 2018 sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang jurnalisme dan media massa yang menciptakan dan mengelola berbagai jenis konten. Narasi dikenal sebagai corong media yang mampu menjadi kiblat sebagai media kredibel yang mengkedepankan responsibility dan accountability secara etik jurnalistik.

References 

https://www.dailysia.com/biodata-profil-dan-fakta-najwa-shihab/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline