Lihat ke Halaman Asli

Pena ReSuPaG

"Jangan pernah ragu meniru penulis lain. Setiap seniman yang tengah mengasah keterampilannya membutuhkan model. Pada akhirnya, Anda akan menemukan gaya sendiri dan menanggalkan kulit penulis yang Anda tiru" (William Zinsser)

Masa Muda Adalah Masa Ber-rahmat

Diperbarui: 23 November 2021   17:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Masa Muda (Dok.Pri)

1. Orang Muda

Menurut G. Stanley Hall, orang muda adalah kelompok manusia yang berusia antara 12 sampai 23 tahun. Masa ini ditandai dengan kegairahan, semangat sukacita, kebahagiaan, tindakan yang membangun atau menghacurkan diri sendiri, kerendahan hati dan harapan untuk membangun visi-misi hidup mereka.

M. Boyd menjelaskan bahwa masa muda adalah masa yang penuh harapan dan sukacita untuk membangun hidup di masa depan. Pada masa ini, orang muda yang dianugerahi Allah, Sang Pencipta dengan "potensi berlimpah" menjadi masa berahmat untuk mengembangkan dan memaksimalkannya dengan baik agar bermanfaat, baik untuk diri sendiri, keluarga dan sesama, baik dalam lingkup masyarakat maupun Gereja.

Berbeda dengan G. Stanley Hall, menurut Paus Fransiskus, batasan usia orang muda berkisar antara 16 sampai 29 tahun. Pada batasan usia ini, orang muda mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan kepada mereka, baik dalam keluarga, masyarakat maupun Gereja sesuai dengan potensi yang dimiliki. 

Allah menganugerahkan ke dalam diri mereka kemampuan untuk menghadirkan Allah dan daya cinta-Nya yang mengalirkan kehidupan, keharmonisan, kebahagiaan dan keselamatan, baik bagi keluarga, masyarakat maupun Gereja.

2. Makna "Masa Muda"

Masa muda adalah anugerah Allah. Pada masa ini, kehidupan orang muda dipenuhi dengan sukacita dan harapan. Paus Fransiskus mengharapkan agar pada masa ini, orang muda sungguh-sungguh memasuki dan menjalani periode kehidupan yang orisinal dan menggairahkan, seperti yang dihayati dan dihidupi oleh Yesus sendiri. 

Paus juga berharap agar pada masa ini, orang muda tidak hanya memasuki dan menghidupi kemudaan mereka, melainkan juga menguduskan kemudaan mereka sebagaimana Yesus menguduskan kemudaan-Nya.

Paus Fransiskus menegaskan bahwa Allah, Sang Pencipta orang muda dan masa muda menyelenggarakan kehidupan orang muda dengan kuasa ilahi-Nya. Allah memberkati dan memberdayakan orang muda agar kemudaan mereka sungguh menjadi berkat bagi keluarga, masyarakat dan Gereja. 

Karena itu, Paus berharap agar orang muda mampu menjalani dan mengisi kemudaan mereka bukan hanya sebagai periode kehidupan yang dilewati tanpa makna, melainkan sebagai masa penuh rahmat untuk menebarkan sukacita, harapan dan kebahagiaan. 

Apabila orang muda menghidupi kemudaan mereka dalam koridor ini, maka mereka sungguh-sungguh menjadikan dan menunjukkan penghargaan yang tidak ternilai serta penuh daya terhadap kemudaan mereka. Dengan demikian, masa muda dan kemudaan mereka sudah mempersiapkan jalan bagi mereka untuk memasuki masa dewasa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline