Lihat ke Halaman Asli

Rengga Herlambang

University of Palangka Raya

Pengaruh GDP dan GNP Terhadap Transaksi Internasional dan Kesejahteraan Ekonomi

Diperbarui: 20 September 2023   20:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENGARUH GDP DAN GNP  TERHADAP TRANSAKSI INTERNASIONAL DAN KESEJAHTERAAN EKONOMI.

 

Perekonomian global adalah transaksi internasional yang mencangkup beberapa negara,dimana negara-negara tersebut berperan penting terhadap transaksi internasional yang berdampak pada kesejahteraan ekonomi. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan bagaimana GDP dan GNP  mempengaruhi transaksi internasional dan kesejahteraan ekonomi.

A.PENGERTIAN GDP (Gross Domestics Product).

GDP adalah ukuran nilai total semua barang dan jasa di dalam suatu negara selama periode tertentu, hal ini mencangkup semua kegiatan ekonomi yang terjadi di negara tersebut, termasuk oleh warga negara dan warga asing yang tinggal di suatu negara tersebut.

B.PENGERTIAN GNP (Gross National Product).

GNP adalah nilai semua barang dan jasa yang dihasilkan oleh warga negara yang ada di dalam negeri maupun di dluar negeri selama periode tertentu, dan GNP mencermikan pendapatan yang diterima oleh warga negara yang bekerja di dalam negeri dan luar negeri.

C.PENGARUH GDP TRANSAKSI INTERNASIONAL.

GDP adalah salah satu indicator terpenting untung mengukur ukuran dan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Semakin tinggi GDP suatu negara, semakin besar kontribusi ekonominya terhadap pasar dunia. Hal ini dapat mempengaruhi transaksi internasional dalam beberapa cara:

1.Daya Tawar Negara.

Negara-negara dengan GDP yang tinggi cenderung memiliki daya tawar yang lebih besar dalam negoisasi perdagangan internasional. Mereka dapat menegosiasikan kesepakatan yang lebih menguntungkan dan mempengaruhi aturan perdagangan internasional.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline