Lihat ke Halaman Asli

Rendy Joice Stefany

Mahasiswi Sosiologi Universitas Negeri Jakarta

UMKM dan Industri Rumah Tangga: Memulihkan Perekonomian di Indonesia

Diperbarui: 15 Maret 2022   04:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Pemberdayaan Ekonomi di Masyarakat- UMKM (sumber: www.ayosemarang.com)

Dalam beberapa tahun terakhir perlu kita ketahui hampir di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia telah digemparkan oleh suatu peristiwa atau bencana virus corona atau yang biasa kita sebut dengan Covid- 19.

Bagaimanakah kondisi perekonomian kita akibat pandemi covid-19 ini? Apakah ada tindak lanjut dari pemerintah?

Secara garis besar perekonomian Indonesia sempat mengalami penurunan atau terkontraksi akibat pandemi. Bahwa perbandingan perekonomian Indonesia untuk Triwulan I Tahun 2020 terhadap Triwulan sebelumnya mengalami penurunan sebesar 2,41 persen dibandingkan sebelumnya. Pandemi Covid-19 ini telah diperkirakan oleh United Nation Development Program terkait dampak penurunan kesejahteraan masyarakat. Bahwa jika dampak ekonomi ini tidak ditangani langsung, maka akan membahayakan kehidupan masyarakat yang utamanya masyarakat pun akan lebih susah lagi untuk mendapatkan pekerjaan.

Karena seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa sebelum adanya pandemi yang melanda Indonesia saat ini, kasus pengangguran dan kemiskinan merupakan permasalahan yang belum juga bisa ditangani dikarenakan juga kemampuan atau potensi yang dimiliki masyakarat belum digali secara lebih maksimal. Oleh karena itu, ditambah lagi dengan adanya pandemi ini membuat perekonomian Indonesia tambah terpuruk lebih dalam lagi. Terlihat juga bahwa pemerintah terlibat dalam merumuskan berbagai kebijakan di bidang ekonomi seperti adanya kelonggaran pembayaran kredit pajak penghasilan dan subsidi listrik.

Tujuan Pemberdayaan Masyarakat

Terkait dengan pandemi covid-19 ini seharusnya ada tindak lanjut dari masyarakat itu sendiri ataupun pemerintah untuk mengatasinya, salah satunya dengan adanya Pemberdayaan Masyarakat. 

Pemberdayaan adalah suatu keadaaan dimana masyarakat secara keseluruhan memiliki persamaan hak dan kewajiban yang dinyatakan dalam kesempatan posisi dan peran yang didasarkan pada sikap dan perilaku tolong menolong dalam segala aspek kehidupan masyarakat. Upaya pemberdayaan memerlukan dukungan dari berbagai pihak baik pemerintah maupun non pemerintah. 

Pemberdayaan yang dilakukan memiliki dampak keberdayaan masyarakat untuk dapat keluar dari hambatan struktural, sehingga potensi yang ada pada masyarakat tersebut dapat dipergunakan semestinya serta masyarakat pun mampu melewati gangguan yang terjadi sesuai dengan kemampuan masyarakat akibat dari efek yang ditimbulkan dari pembangunan tersebut.

Menurut Agnes Sunartiningsih (2004:140), proses pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan kegiatan: 1. Adanya identifikasi lebih lanjut sesuai dengan situasi di lingkungan masyarakat, 2. Kualitas hidup antar anggotanya lebih ditingkatkan lagi, 3. Menentukan solusi atas masalah yang terjadi sesuai dengan kemampuan dan keterbatasan yang ada, 4. Meningkatkan pendapatan dan taraf hidup masyarakat, dan 5. Mengembangkan sebuah sistem untuk mengakses sumber daya yang diperlukan.

Maka dari itu, perlu adanya pemberdayaan yang dilakukan pada masyarakat untuk menciptakan lapangan pekerjaan mereka sendiri dengan tujuan memulihkan kembali perekonomian Indonesia. Berdasarkan upaya tersebut, masyarakat Indonesia diharuskan untuk melakukan berbagai kegiatannya tidak hanya diluar saja tetapi didalam lingkungan tempat tinggal juga bisa, seperti dengan melakukan pemberdayaan UKM, industri rumah tangga, serta penunjang ekonomi masyarakat lainnya.

Berdasarkan penggalan sebuah tulisan yang dimuat dalam situs Word Press oleh Daniel Sukalele terkait pemberdayaan yang dimaksudkan diantaranya: 

a. Pemberdayaan adalah sebuah upaya yang dapat membangun daya masyarakat dengan melakukan tindakan  seperti  memberikan motivasi, mendorong, dan membangkitkan kesadaran suatu masyarakat akan potensi yang dimilikinya dan bagaimana upaya untuk mengembangkan potensi tersebut, 

b. Pemberdayaan juga ditujukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat secara produktif sehingga menimbulkan atau menghasilkan pendapatan yang lebih besar dan nilai tambah yang cukup tinggi, termasuk juga adanya perbaikan akses terhadap beberapa hal, yakni akses terhadap permintaan, akses terhadap teknologi, akses terhadap pasar, dan akses terhadap sumberdaya sekalipun.

Model Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat 

Dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat diperlukan model pemberdayaan yang tepat sasaran. Bentuk pemberdayaan yang tepat adalah dengan memberikan kesempatan kepada banyak kelompok terutama masyarakat miskin untuk merencanakan dan melaksanakan program-program pembangunan yang telah teridentifikasi sebelumnya. 

Pemberdayaan masyarakat dalam masa Covid-19 ini memanfaatkan semua sumber daya yang ada agar dapat berkembang serta dapat membantu proses pemulihan ekonomi. Sasaran dalam program pemberdayaan masyarakat ini mencakup ekonomi masyarakat menengah yang tujuannya membuat masyarakat mandiri dan sejahtera.

Didalam melakukan pemberdayaan di masyarakat, berikut diantaranya kegiatan yang dapat dilakukan: 

1. Bantuan Pemodalan, secara khusus merupakan upaya pemberdayaan masyarakat dibidang ekonomi melalui dimensi permodalan seperti memberikan dukungan permodalan yang tidak menimbulkan ketergantungan pada masyarakat, kemudia menyikapi aspek permodalan yang dicapai melalui penciptaan sistem pemberdayaan baru bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah terkait dengan kemudahan pengaksesan di lembaga keuangan, 

2. Mendukung Pembangunan Infrastruktur, adanya upaya untuk mendorong produktivitas dan pertumbuhan usaha tidak akan berarti apa-apa bagi masyarakat jika produk tersebut tidak dapat dipasaran atau dijual dengan harga yang sangat murah. Maka dari itu, pembangunan infrastruktur penjualan dan pendanaan merupakan kata kunci dalam pemberdayaan masyarakat.  

3.  Bantuan Pendampingan, perlu diketahui bahwa pentingnya pendampingan masyarakat. Beberapa tuntutan yang harus dilakukan dalam hal pendampingan ini misalnya dalam proses pembelajaran, fasilitasnya sudah mencukupi. Lalu terkait penguatan kemitraan baik itu usaha mikro kecil maupun menengah ataupun yang sudah besar ada pihak yang kompeten untuk memediatorinya.

4. Penguatan Kelembagaan, dengan adanya masalah terkait dengan distribusi, masyarakat yang miskin mustahil untuk dapat mengendalikan dsitribusi hasil produksi dan input produksi mereka secara individual. Dengan adanya kelompok tersebut, mereka dapat menciptakan kekuatan yang lebih untuk ikut serta dalam penentuan distribusi.

5. Penguatan Kemitraan Usaha, dalam bidang permodalam kemitraan dalam proses produksi, kemitraan dalam dsitribusi, yang akan dilakukan pemberdayaan oleh masing-masing pihak.

Nah menurut kalian bagaimanakah pemberdayaan masyarakat tersebut dapat meningkatkan atau memulihkan perekonomian Indonesia? Faktor apa saja yang mempengaruhinya?

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa mata pencaharian masyarakat Indonesia pada umumnya adalah pertanian, dan bahkan hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki banyak sekali lahan pertanian. Pertanian ini menjadi mata pencaharian utama para warga yang nantinya bisa didistribusikan di setiap daerah perkotaan ataupun pedesaan yang ada di Indonesia.  Mengenai konsep pemberdayaan "masyarakat bukanlah objek dari proyek pembangunan, melainkan sebagai subjek dari pembangunannya sendiri". Berdasarkan konsep pemberdayaan masyarakat yang juga sebagai model pembangunannya, maka strategi yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut: 

Pertama, tepat sasaran. Bagi masyarakat yang membutuhkan, target tersebut diupayakan berdasarkan program-program yang telah dirancang untuk memecahkan suatu masalah di masyarakat dan tentunya sesuai dengan kebutuhan mereka. Kedua, adanya inisiatif dari masyarakat untuk ikut serta dalam pemberdayaan yang dilaksanakan oleh masyarakat yang menjadi sasarannya. 

Tujuannya tidak lain untuk memberikan dukungan yang efektif karena tentunya disesuaikan dengan kebutuhan mereka sekaligus meningkatkan pemberdayaan masyarakat dengan pengalaman dalam memanajemen, mengimplementasi desai dan akuntabilitas upaya penjangkauan pendekatan untuk memperbaiki dan meningkatkan ekonomi. Ketiga, dengan menggunakan strategi pendekatan didalam kelompok. Karena walau bagaimanapun juga masyarakat miskin ataupun yang tidak , tidak mudah bagi mereka untuk memecahkan masalahnya baik individual ataupun kelompok.  Terjalinnya mitra usaha antar kelompok ini akan memperoleh keuntungan dan kemajuan kelompoknya.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dapat dilakukan diantaranya berupa UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah, merupakan badan usaha yang dijalankan oleh suatu organisasi ataupun perorangan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh UU No 20 Tahun 2008. Ukuran usaha yang di lihat oleh UMKM ini tidak sebesar usaha di level atas karena mengingat banyaknya masyarakat yang merasa lebih nyaman atau cocok untuk melakukan bisnis di tingkatan ini. Hal ini terjadi karena keunggulan yang dimiliki oleh usaha kecil dan menengah tersebut sulit untuk ditemukan di tingkatan usaha lainnya.

Tidak hanya pada ruang lingkup masyarakat yang lebih besar saja kegiatan pemberdayaan masyarakat ini dapat dilakukan, tetapi juga bisa dimulai dengan ruang lingkup yang lebih kecil dan lebih dekat dengan tempat tinggal kita misalnya dalam lingkup RT. Pemerintah setempat meminta suatu organisasi perangkat daerah khususnya di lingkungan baik tingkat kelurahan atau kecamatan agar efektif dalam penggunaan dana stimulan untuk sesuatu yang bermanfaat bagi rakyat setempat. Kgiatan ini juga bisa dilakukan tidak hanya di perkotaan saja, pedesaan pun bisa. 

Dengan tujuan agar dana-dana tersebut dapat bermanfaaat, maka perlu dilakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat yang juga secara khusus ikut berkontribusi dengan kegiatan apa saja yang bermanfaat untuk memulihkan perekonomian, misalnya dengan kelengkapan untuk membuat tas, sepatu, ataupun hasil kerajinan lainnya pasti memerlukan masyarakat untuk mewujudkannya. 

Nantinya pemberdayaan masyarakat ini disesuaikan dengan keahlian masyarakat setempat. Dengan begitu kedepannya akan banyak industri rumahan dengan berbagai hasil karya yang akan berdampak pada ekonomi maupun meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Terkait pembangunan infrastuktur serta pembangunan yang lainnya akan menjadi tanggung jawab pihak yang bersangkutan. 

Yang terpenting agar tidak terjadi pertentangan, kedepannya usulan dari masyarakat akan disesuaikan dengan regulasi tentang peruntukan penggunaan dana stimulan RT dan juga tidak digunakan untuk pengembangan sumber daya manusianya yang bersifat seremonial. 

Program stimulan RT utamanya memprioritaskan pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pembangunan sosial  dengan penggunaan anggaran dana yang telah dipilah terlebih dahulu. Masyarakat juga dapat disebut sebagai aktor dari pemberdayaan masyarakat. 

Oleh karena itu, berdasarkan penjelasan diatas, masyarakat pun bisa kita masukkan ke dalam aktor didalam pemberdayaan masyakarat ini. Karena sesuai dengan pemahaman dimasyarakat , bahwa mahasiswa diharapkan sebagai pembawa perubahan yang lebih baik dalam kehidupan masyarakat sekarang ataupun di masa  yang akan datang. 

Berdasarkan ilmu yang dimiliki, diharapkan membuat usaha masyarakat mengalami kemajuan secara komprehensif sesuai ide atau gagasan yang dimiliki untuk memotivasi masyarakat membuat lebih banyak produk yang lainnya juga. 

Ada juga perbaikan yang dapat dilakukan mulai dari kualitas pengemasannya, perluasan jangkauan pemasaran, dengan maksud agar produk tersebut dapat bersaing dengan produk lainnya yang juga tidak kalah bagusnya.

Berdasarkan pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwa pemberdayaan ekonomi masyarakat adalah bagaimana, cara, proses, ataupun upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pada masyarakat tersebut baik secara individu maupun kelompok; upaya-upaya tersebut untuk kelangsungan hidup atau tingkatan taraf hidup yang lebih baik lagi sehingga dengan adanya pemberdayaan ekonomi masyarakat tersebut dapat membantu masyarakat dan mengembangkan kreatifitas yang tersembunyi di masyarakat. 

Perlu kita garis bawahi bahwa beberapa cara yang dapat kita lakukan agar usaha kita dapat berhasil dan berjalan dengan lancar yaitu kita harus bisa membaca pasar, membuat produk dengan sebaik mungkin dan tentunya berkualitas yang dapat diterima pangsa pasar, serta harga barangnya harus terjangkau dan sesuai dengan kondisi masyarakatnya. 

 Begitulah pemaparan singkat dari saya terkait program pemberdayaan masyarakat yang dapat dilakukan untuk memulihkan perekonomian masyarakat Indonesia dimasa covid-19 ini.  Jika ada tambahan terkait dengan pemberdayaan masyarakat dalam bidang ekonomi ini , boleh di tambahkan yaaa

 terimakasiiih :)

Sumber :

- https://123dok.com/document/ye3rnx7q-pemberdayaan-masyarakat-berbasis-unggulan-kelurahan-mangkang-kecamatan-semarang.html

https://repo.iain-tulungagung.ac.id/11062/5/BAB%20II.pdf


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline