Lihat ke Halaman Asli

Rendy Artha Luvian

TERVERIFIKASI

Staf Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, anggota FLP (Forum Lingkar Pena)

Membangun Perlindungan dan Menghormati Lansia

Diperbarui: 18 Juni 2023   09:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari Kesadaran Penyalahgunaan Lansia Sedunia atau yang dikenal dengan sebutan World Elder Abuse Awareness Day (WEAAD). Sumber: freepik.com

Hari Kesadaran Penyalahgunaan Lansia Sedunia atau yang dikenal dengan sebutan World Elder Abuse Awareness Day (WEAAD) diperingati setiap tanggal 15 Juni setiap tahunnya. 

Inisiatif ini pertama kali diluncurkan oleh Jaringan Internasional untuk Pencegahan Penyalahgunaan Penatua dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tanggal 15 Juni 2006. 

Tujuan dari perayaan hari ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan keberadaan bentuk-bentuk pelecehan yang dialami oleh generasi yang lebih tua. Meskipun sudah menginjak tahun 2023, kasus-kasus penyalahgunaan terhadap lansia masih merupakan masalah sosial yang mengkhawatirkan.

WEAAD memberikan kesempatan bagi masyarakat di seluruh dunia untuk mempromosikan pemahaman yang lebih baik mengenai pelecehan yang diderita oleh lansia. 

Data penelitian menunjukkan bahwa antara 4 hingga 6 persen lansia mengalami berbagai bentuk pelecehan, namun sayangnya sebagian besar kasus ini tidak dilaporkan. Inilah mengapa peringatan Hari Kesadaran Penyalahgunaan Lansia Sedunia sangat penting, karena upaya perlindungan dan penghormatan terhadap lansia harus terus ditingkatkan.

Pelecehan terhadap lansia adalah masalah serius yang harus mendapat perhatian serius dari masyarakat dan pemerintah. Lansia, dengan pengalaman hidup yang panjang dan kontribusi yang berharga bagi masyarakat, seharusnya mendapatkan penghargaan dan perawatan yang pantas. 

Namun, kenyataannya masih ada individu yang menyalahgunakan posisi dan kekuasaan mereka untuk merugikan lansia. Bentuk pelecehan yang dialami oleh lansia meliputi kekerasan fisik, penelantaran, pelecehan emosional, eksploitasi keuangan, dan pelecehan seksual. Semua bentuk pelecehan ini memiliki efek yang merugikan bagi kesehatan dan kesejahteraan lansia.

Dalam beberapa kasus, pelecehan terhadap lansia terjadi di lingkungan keluarga, di mana lansia seharusnya merasa aman dan dilindungi. Ironisnya, orang-orang yang seharusnya menjadi penyokong dan pelindung bagi lansia justru menjadi pelaku pelecehan.

Hal ini menunjukkan perlunya peningkatan kesadaran dan pendidikan mengenai hak-hak lansia serta konsekuensi hukum bagi pelaku pelecehan.

Selain pelecehan di tingkat individu, permasalahan pelecehan terhadap lansia juga dapat terjadi di lembaga perawatan lansia. Pelayanan kesehatan yang buruk, penelantaran, dan perlakuan yang tidak manusiawi adalah beberapa contoh pelecehan yang sering terjadi di lembaga perawatan lansia. 

Para pengelola lembaga perawatan lansia harus bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang aman, mengutamakan kebutuhan dan martabat lansia, serta melibatkan lansia dalam pengambilan keputusan tentang perawatan mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline