Lihat ke Halaman Asli

Rendy Artha Luvian

TERVERIFIKASI

Staf Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, anggota FLP (Forum Lingkar Pena)

Indonesia Merdeka di Bulan Ramadhan Lho!

Diperbarui: 8 April 2023   14:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh kemenangan. sumber gambar:freepik.com

Berbagai peristiwa penting hadir dan terjadi di bulan Ramadahan, tidak hanya bulan dimana awal diturunkannya Al-Quran, tetapi catatan sejarah menunjukkan bahwa saat umat Muslim berpuasa juga merupakan saat mereka berperang melawan mush-musuhnya.

1. Terjadinya Perang Badr
Perang Badr adalah peperangan pertama yang harus dilalui oleh umat Islam bersama Rasulullah SAW kala itu. Allah menurunkan perintah berjihad sehingga mengharuskan umat Islam untuk bersiap melawan kaum kafir Quraisy. Perang Badr sendiri akhirnya pecah pada 17 Ramadhan di tahun kedua Hijriah.

2. Pembebasan Kota Mekah
Enam tahun berselang Pada tanggal 10 Ramadhan tahun kedelapan Hijriah, Nabi Muhammad SAW memimpin sepuluh ribu pasukan Islam dari Madinah menuju Mekkah. Allah menganugerahkan kemenangan bagi kaum muslimin pada saat itu di bulan Ramadhan.

3. Kemerdekaan Indonesia
Jangan lupa juga kalau pada tanggal 9 Ramadhan 1364 atau 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya sebagai bangsa dan negara. Meskipun sayang, pembacaan sila pertama tidak sesuai dengan piagam Jakarta, dimana menghilangkan kalimat "dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya."

Masih banyak peristiwa penting lainnya yang terjadi di bulan ini, tetapi yang tidak boleh kita lupakan adalah Bulan Ramadhan juga merupakan bulan berperang, bukan hanya melawan hawa nafsu tapi juga melawan musuh-musuh yang merampas kemerdekaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline