Lihat ke Halaman Asli

Rendy Artha Luvian

TERVERIFIKASI

Staf Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, anggota FLP (Forum Lingkar Pena)

Akhir Pekan Cuaca Dingin, Berenang Saja Yuk!

Diperbarui: 26 Februari 2023   11:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banyak lho manfaat dari berenang di air dingin! sumber: dokumentasi pribadi

Hujan kembali mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia setelah beberapa waktu lalu kering. Hal ini menyebabkan cuaca kembali basah dan suhu udara turun. Turunnya hujan dapat mengurangi polusi udara karena rintik-rintik air yang turun akan mengikat kotoran di udara untuk jatuh ke tanah. 

Tapi cuaca dingin bikin kita mager? Nah, yuk paksa diri untuk berolahraga ringan di luar rumah, sekedar berlari atau berenang di kolam renang terdekat! Banyak lho manfaat berenang di air dingin, berikut ini beberapa manfaatnya yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Meningkatkan sistem imun tubuh
Air dingin dapat meningkatkan jumlah sel darah putih karena tubuh dipaksa untuk bereaksi terhadap perubahan kondisi suhu yang tiba-tiba turun. Bila dilakukan secara rutin dan berkala maka daya tahan tubuh kita akan semakin baik.  

2. Memperbaiki sirkulasi dan peredaran darah

Usaha tubuh untuk menghangatkan dirinya salah satunya dengan meningkatkan peredaran darah. Jantung akan memompa darah lebih cepat agar tubuh tidak kedinginan. Bila dilakukan secara kontinyu tubuh kita akan terbiasa dengan dingin lho!

3. Membakar kalori

Berenang di air yang dingin membakar kalori lebih banyak ketimbang berenang di kala suhu hangat karena tubuh juga berusaha untuk menjaga suhu tetap hangat.

4. Mengurangi Stress

Nah, ini salah satu yang penting, berenang dapat mennurunkan stres baik secara fisik maupun mental, asal jangan berlebihan lho tapi. Banyak studi yang telah membuktikan hubungan antara berenang di air dingin dan turunnya tingkat stress. Mereka yang berenang di air dingin akan lebih relaks dan tingkat stressnya menurun.

Tunggu apa lagi? Yuk segera berenang!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline